Ginjal/medicinet.com
Health

5 Gejala Awal Batu Ginjal

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 30 April 2023 - 16:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Batu ginjal adalah massa padat yang terdiri dari kristal kecil di ginjal atau saluran kemih Anda. Batu ginjal terutama disebabkan ketika mineral terlarut menumpuk di dalam ginjal.

Mereka dapat berpindah ke saluran kemih dan di situlah mereka dapat menyebabkan masalah. Batu cukup umum dan cenderung diturunkan dalam keluarga.

Dr. Praveen Pushkar, MBBS, MS(Bedah), DNB(Urologi) di Pristyn Care dilansir dari Times of India mengatakan beberapa faktor yang berkontribusi terhadap perkembangannya mungkin juga termasuk konsumsi cairan yang rendah, asupan makanan, dan riwayat kesehatan seseorang.

Dia mengataan batu ginjal mungkin kecil dan tidak terlihat melalui saluran kemih, tetapi beberapa tumbuh seukuran bola golf. Mereka bisa terbentuk dalam beberapa minggu atau bulan ketika urin Anda mengandung terlalu banyak zat tertentu.

"Ada beberapa macam batu ginjal. Batu kalsium sejauh ini merupakan jenis yang paling umum. Batu yang lebih besar dapat menyebabkan rasa sakit yang parah saat keluar dari tubuh," ujarnya.

​Tanda-tanda awal batu ginjal:

Simak tanda-tanda berikut yang menandakan batu ginjal:

1. Nyeri di perut bagian bawah, satu sisi atau punggung – nyeri yang tiba-tiba di perut bagian bawah atau satu sisi tubuh bagian atas atau di sekitar punggung bisa menjadi salah satu gejala awal batu ginjal.

2. Nyeri atau rasa terbakar saat buang air kecil- Jika Anda mengalami nyeri saat buang air kecil atau merasa ada tekanan, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter.

3. Urin berubah warna- Jika urin Anda berubah warna, merah muda, coklat atau merah, ini mungkin merupakan indikasi batu ginjal yang parah.

4. Mual atau muntah- Merasa seperti mual atau muntah meskipun ada tanda-tanda keracunan makanan atau penyakit lain yang jelas, Anda mungkin memiliki batu ginjal yang memerlukan perhatian segera.

5. Demam- Demam mendadak, jika bukan karena virus, mungkin merupakan indikasi penyakit.

Biasanya, tidak ada gejala sampai bergerak di ginjal atau masuk ke ureter (tabung otot yang menghubungkan ginjal ke kandung kemih).

Batu-batu kecil dapat keluar dari tubuh dengan sedikit atau tanpa rasa sakit. Batu yang lebih besar dalam sistem saluran kemih dapat tersangkut dan dapat menyebabkan gejala seperti nyeri tajam yang parah yang dimulai secara tiba-tiba, biasanya di perut atau salah satu sisi punggung, dan dapat hilang dengan cepat.

Gejala lain dapat berupa warna urin yang tidak normal, darah dalam urin, demam, menggigil, mual, dan muntah. Terkadang, batu yang terlalu besar untuk dipindahkan bisa membuat cadangan kencing.

Hal ini dapat membuat salah satu atau kedua ginjal membengkak sehingga menyebabkan nyeri di bagian samping dan punggung. Jika tidak diobati, dapat menyebabkan kerusakan ginjal jangka panjang.

​​Penyebab batu ginjal

Batu ginjal kebanyakan menyerang orang dewasa. Tapi anak-anak dan remaja bisa mendapatkannya. Mereka yang terkena batu ginjal memiliki kondisi kesehatan seperti obesitas, bagaimana saluran kemih terbentuk, asupan makanan khusus, gangguan metabolisme, diabetes dll.

Faktor lain termasuk terlalu banyak asupan garam dan kurang air. 

Anda mungkin memerlukan tes darah, tes fungsi ginjal, dan tes yang mencari kristal dalam urin Anda. Beberapa tes pencitraan, seperti CT scan, dapat melihat batu atau penyumbatan di saluran kemih Anda. Ini membantu dokter memutuskan pengobatan terbaik.

Perawatan akan tergantung pada jenis batu yang Anda miliki, dan seberapa buruk gejala Anda.

Beberapa perlu minum banyak air per hari untuk menghasilkan urin dalam jumlah yang cukup besar untuk membantu mengeluarkan batu dan minum obat penghilang rasa sakit untuk mengeluarkan batu ginjal karena rasa sakit bisa sangat buruk ketika Anda mengeluarkan batu ginjal.

Dokter juga dapat menyarankan penggunaan alpha-blocker untuk membantu batu keluar lebih cepat dan menghindari garam dan soda.

Mereka yang memiliki batu lebih besar, atau batu tumbuh, atau batu menghalangi aliran urin Anda mungkin memerlukan pembedahan atau perawatan lain untuk membantu menghilangkan batu.

Untuk menghilangkan batu besar dan batu yang merusak ginjal, dokter dapat melakukan prosedur untuk memecah batu menjadi potongan-potongan kecil yang dapat keluar sendiri atau dikeluarkan dengan teropong atau pembedahan.

Tidak minum cukup cairan adalah faktor penyebab utama, tetapi kebiasaan makan, obesitas, dan gaya hidup yang tidak banyak bergerak semuanya dapat berkontribusi.

Termasuk kemangi, seledri, apel, anggur dapat membantu melindungi ginjal. Siapa pun yang memiliki gejala batu ginjal, infeksi urin, atau infeksi ginjal harus mencari nasihat medis untuk mencegah berkembangnya komplikasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro