Ginjal sehat/boldsky.com
Health

Kasus Batu Ginjal pada Anak Meningkat, Ini Penyebabnya Kata Ahli

Mutiara Nabila
Senin, 10 Juli 2023 - 17:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sekitar 30 tahun yang lalu, batu ginjal dianggap sebagai penyakit yang hanya menyerang orang paruh baya.

Namun, yang mengkhawatirkan, semakin banyak pasien yang didiagnosis dengan kondisi yang sangat menyakitkan ini, yang termasuk dalam kelompok usia yang jauh lebih muda.

Batu ginjal sekarang terjadi pada orang yang lebih muda, terutama di kalangan gadis remaja, data yang muncul dari penelitian menunjukkan, anehnya, batu dapat ditemukan pada anak-anak berusia 5 tahun.

Batu ginjal adalah endapan mineral dan garam yang keras yang dapat tersangkut di saluran kemih. Ini adalah gangguan metabolisme, juga dikenal sebagai nefrolitiasis.

Mineral seperti kalsium, oksalat, dan fosfor terakumulasi dalam urin dan membentuk kristal keras berwarna kekuningan.

Kristal ini bisa sekecil butiran pasir atau sebesar bola golf dalam kasus yang parah. Sementara beberapa batu dapat keluar dari saluran kemih tanpa masalah, yang lain dapat tersangkut, menghalangi aliran urin dan menyebabkan rasa sakit dan pendarahan yang parah.

Berikut beberapa kemungkinan faktor penyebab batu ginjal pada anak dilansir dari Times of India.

1. Diet dan batu ginjal

Menurut pakar kesehatan, pola makan yang semakin tidak sehat yang dikonsumsi anak-anak akhir-akhir ini dapat dikaitkan dengan lebih banyak kasus batu ginjal di usia muda.

Natrium dalam jumlah tinggi dari makanan seperti keripik kentang, daging sandwich, minuman olahraga, dan makanan kemasan dapat memaksa mineral tambahan masuk ke dalam urin, yang dapat berkembang menjadi batu ginjal. Risikonya semakin parah jika anak tidak mengonsumsi cukup air.

2. Musim panas yang lebih panas 

Para ahli telah mencatat kasus batu ginjal yang lebih tinggi pada anak-anak selama musim panas.

Saat cuaca lebih panas dan lembab, jika kita lebih banyak berkeringat dan lebih sedikit buang air kecil, memungkinkan mineral terikat di ginjal dan saluran kemih.

3. Antibiotik

Antibiotik dapat mengubah mikrobioma usus dengan cara yang mendukung perkembangan batu ginjal, kata Dr. Gregory Tasian, ahli urologi anak di Rumah Sakit Anak Philadelphia, melaporkan berita NBC.

Tim Tasian menemukan pada tahun 2018 bahwa orang yang mengonsumsi salah satu dari lima antibiotik oral yang biasa diresepkan dikaitkan dengan peningkatan 1,3 hingga 2,3 kali lipat dalam kemungkinan mengembangkan batu ginjal.

Risiko menurun dari waktu ke waktu. Tetap saja, itu tetap tinggi hingga lima tahun setelah minum obat dan paling tinggi bila diberikan pada usia lebih awal.

​Cara menghindari batu ginjal​

Cara terbaik untuk mencegah batu ginjal adalah dengan minum banyak air, terutama saat musim panas. Anda dapat menentukan apakah Anda minum cukup air atau tidak dengan menilai warna urin Anda.

Anda terhidrasi dengan baik jika urin Anda menyerupai warna limun muda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro