Alomedika
Health

Platform Alomedika Tembus 90.000 Anggota

Mutiara Nabila
Rabu, 9 Agustus 2023 - 21:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Di era teknologi digital, platform komunitas dokter berbasis digital memainkan peranan penting untuk membuat layanan telemedisin menjadi lebih efektif dan efisien. 

Terutama setelah pandemi, layanan telemedisin juga menjadi jalan keluar bagi masyarakat yang enggan berkunjung ke fasilitas layanan kesehatan. 

Meskipun dilakukan secara daring, layanan ini harus memiliki kualitas perawatan medis yang diberikan kepada pasien. 

Salah satu yang mendukung berjalannya telemedisin di Indonesia, Alomedika, terus berkembang menjadi salah satu komunitas digital dokter terbesar di Indonesia.

Platform yang sudah meluncur sejak 2018 ini merupakan bagian integral dari Alodokter dan memainkan peran krusial untuk memastikan para dokter di Indonesia memiliki akses terhadap informasi terbaru, terbaik, dan terkini mengenai praktik medis dan teknologi telemedisin. 

Alomedika sukses meraih kepercayaan para dokter di Indonesia menjadi wadah berkolaborasi dan saling berinteraksi dengan telah bergabungnya lebih dari 90.000 dokter di Indonesia hanya dalam kurun waktu lima tahun, dibawah pengawasan regulator dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI). 

Co Founder dan President Director Grup Alodokter, Suci Arumsari mengatakan Alomedika dibangun menjadi bagian tak terpisahkan dari Alodokter karena ingin semua konten serta layanan yang ada di platform Alodokter telah diverifikasi dengan benar oleh dokter. 

Misi besar Alodokter adalah ingin menghadirkan ekosistem kesehatan lengkap, tidak hanya untuk pasien tapi juga untuk para dokter. Adapun, pengembangan Alomedika diharapkan dapat menjawab kebutuhan dokter masa kini bukan hanya menyajikan informasi medis terkini, tetapi juga memudahkan bertukar ilmu dengan sesama rekan dokternya. 

"Alomedika mengedepankan interaksi nyaman dalam berbagi study case, pandangan medis, guna mencapai peningkatnya kualitas layanan kesehatan di Indonesia yang merata," jelasnya. 

Suci juga menegaskan bahwa untuk membangun Alomedika, kolaborasi menjadi kunci sukses, contohnya kolaborasi dengan Ikatan Dokter Indonesia sebagai salah satu institusi yang menaungi. 

Sekretaris Jenderal PB Ikatan Dokter Indonesia dr. Ulul Albab, SpOG, menambahkan, hadirnya komunitas dokter secara digital seperti Alomedika baik sekali adanya, karena dapat mendukung usaha pemerintah serta asosiasi seperti IDI mendistribusikan ilmu pengetahuan kedokteran bagi seluruh dokter di Indonesia dimanapun mereka berada. 

"Ini semua sejalan dengan visi dan misi IDI yang salah satunya adalah berkomitmen untuk meningkatkan kualitas profesi medis melalui pendidikan, pelatihan, penelitian, dan pengembangan ilmu kedokteran.” ungkap dr. Ulul.  

Senior Vice President Alomedika Media Business Dr. Andi Marsali menambahkan, Alomedika memiliki visi besar untuk dapat membantu para dokter di Indonesia untuk terus memperbaharui ilmu kedokteran agar tetap berada di garis depan dalam pelayanan kesehatan dan pengobatan pasien. 

Sementara itu, tantangan di depan mata adalah bahwa banyak dokter yang berpraktek di lokasi yang cukup sulit dijangkau di Indonesia yang negara kepulauan ini. 

"Dengan hadirnya Alomedika dibawah naungan regulator dan asosiasi, kami berharap terwujud pemerataan pengetahuan sehingga masyarakat di seluruh Indonesia dapat memiliki akses ke layanan kesehatan yang berkualitas, termasuk pencegahan, diagnosis, dan pengobatan," jelasnya.  

Lebih jauh lagi, Alomedika dikembangkan dengan teknologi yang membuat interaksi di platform Alomedika senyaman seperti platform media sosial pada umumnya, hanya ini disesuaikan dengan kebutuhan seorang dokter. 

Fitur dan algoritma dirancang agar bertujuan untuk meningkatkan kualitas interaksi pengguna sehingga dokter nyaman untuk  bertanya dan berdiskusi seputar kasus-kasus kesehatan serta jurnal terbaru dunia media. 

Adapun, Alomedika juga telah dilengkapi neberapa fitur yang dikembangkan untuk membuat platform ini berbeda di antaranya ada fitur Konten Diskusi di mana dokter bisa melihat konten baru berupa video/foto yang menyajikan beragam informasi medis di halaman channel. Fitur ini dipersonalisasi dengan algoritma sehingga dapat memberikan rekomendasi diskusi yang cocok dengan profil dokter.  

Kemudian, ada fitur E-course, dimana Alomedika menyediakan berbagai e-course dari beragam spesialisasi yang dapat diikuti oleh seluruh dokter di Indonesia. E-course bisa diakses secara fleksibel dengan biaya terjangkau dan pilihan modul-modul yang bisa diakses dengan waktu yang dapat disesuaikan dengan jadwal praktek para dokter. 

Selanjutnya, ada fitur Specialist Only Post yang memungkinkan dokter spesialis untuk membuat diskusi yang hanya bisa dibaca oleh dokter-dokter dengan spesialisasi yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro