llustrasi susu segar/Freepik
Health

Jangan Konsumsi 5 Makanan Ini Bersamaan dengan Susu

Kresensia Kinanti
Selasa, 15 Agustus 2023 - 10:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Susu merupakan salah satu produk olahan protein hewani yang berasal dari sapi. Selain rasanya yang enak, susu juga sangat mudah untuk dijumpai.

Susu memiliki banyak nutrisi dan merupakan sumber vitamin dan mineral yang cukup baik. Selain itu, susu juga mengandung protein dan dapat meningkatkan kesehatan tulang.

Tak jarang susu dikombinasikan dengan berbagai makanan, seperti pisang, bubuk protein, kacang-kacangan, dan lain-lain. Namun, ada beberapa jenis makanan yang tidak baik jika dikonsumsi bersamaan dengan susu.

Berikut adalah 5 makanan yang tidak baik dikonsumsi bersamaan dengan susu.

1. Jeruk atau makanan asam

Jangan mengonsumsi jeruk atau makanan asam (buah-buahan asam seperti beri, jeruk, nanas, pepaya) bersamaan dengan susu. Susu biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, dan ketika dikombinasikan dengan makanan asam, dapat menyebabkan mulas atau menyebabkan pembentukan gas dalam tubuh.

Jika Anda ingin mengonsumsi susu, konsumsilah susu setidaknya 2 jam setelah mengonsumsi makanan asam.

2. Ikan

Ikan dianggap sangat bermanfaat bagi kesehatan, tetapi susu dan ikan tidak boleh dikonsumsi bersamaan. Jika dikonsumsi secara bersamaan, Anda mungkin akan mengalami masalah pencernaan seperti keracunan makanan, sakit perut, dan lain-lain.

3. Makanan pedas

Rempah-rempah dapat merangsang produksi asam di perut, yang jika dikombinasikan dengan susu, dapat menyebabkan masalah pencernaan pada beberapa orang. Makanan pedas seperti kari pedas, paprika, dan rempah-rempah yang kuat dapat meningkatkan risiko refluks asam lambung atau gangguan pencernaan ketika dikonsumsi bersama dengan susu.

4. Makanan tinggi protein

Meskipun susu merupakan sumber protein yang baik, mengonsumsinya dengan makanan berprotein tinggi lainnya seperti telur, daging, atau kacang-kacangan dapat membebani sistem pencernaan. Kombinasi dari beberapa sumber protein dapat sulit dicerna dan dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

5. Pisang

Pisang dan susu dikenal sebagai kombinasi yang baik bagi tubuh. Namun, jika dikomsumsi bersamaan, butuh waktu lama bagi tubuh untuk mencernanya. Mengonsumsi kombinasi makanan ini juga dapat menyebabkan pilek, batuk, atau alergi.

Oleh karena itu, kedua bahan bergizi ini dapat dinikmati secara terpisah sebagai bagian dari makanan yang sehat dan seimbang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro