Kadet 1947 diklaim sebagai ‘untold stories’ ini menggambarkan bagaimana potensi dan keberanian tujuh orang kadet yang melakukan serangan udara ke tentara Belanda di beberapa wilayah yang diduduki saat itu./ilustrasi
Entertainment

7 Rekomendasi Film Bertema Kemerdekaan RI

Kresensia Kinanti
Selasa, 15 Agustus 2023 - 15:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Setiap tahun pada tanggal 17 Agustus, Indonesia memperingati hari kemerdekaannya dari penjajahan.

Perjuangan para pahlawan untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia tentu tidak mudah. Selain dikenang lewat upacara bendera, perjuangan para pahlawan banyak diadaptasi ke dalam sebuah film.

Film- film yang digarap dengan tema kemerdekaan dihadirkan untuk mengingatkan kepada generasi penerus bahwa perjuangan untuk memerdekaan Indonesia ini tidaklah mudah.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi film bertema kemerdekaan RI yang wajib ditonton.

1. Merah Putih (2009)

Merah Putih adalah salah satu film perjuangan Indonesia lawas yang cukup sering diputar di Hari Kemerdekaan.

Film yang dibintangi oleh Lukman Sardi, Donny Alamsyah, Darius Sinathrya ini menceritakan tentang perjuangan Indonesia melawan Belanda pada masa Agresi Militer Pertama.

2. Darah Garuda (2010)

Film ini merupakan kelanjutan dari film Merah Putih yang sukses di tahun sebelumnya. Tokoh-tokoh dalam film ini masih sama, namun menghadapi lika-liku konflik dan perjuangan yang berbeda.

Kali ini, Amir (Lukman Sardi) dan kawan-kawan berjuang melawan Belanda untuk membebaskan para tawanan yang merupakan rakyat, termasuk anggota keluarganya.

3. Hati Merdeka (2011)

Sekuel ketiga setelah Merah Putih dan Darah Garuda ini melanjutkan kisah Amir (Lukman Sardi) dan kawan-kawan. Kali ini, Amir mengumumkan pengunduran dirinya dari Angkatan Darat dan membuat teman-temannya kehilangan seorang pemimpin.

Tomas (Donny Alamsyah) ditunjuk sebagai pemimpin baru. Film ini menyajikan pertempuran para prajurit di Bali melawan pasukan Kolonel Raymer.

4. Soekarno (2013)

Film garapan sutradara Hanung Bramantyo ini bercerita tentang kehidupan Presiden pertama Indonesia Soekarno yang diperankan oleh Ario Bayu.

Film ini menceritakan tentang Soekarno dan perjuangannya untuk membawa kemerdekaan bagi Indonesia hingga akhirnya berhasil membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945.

5. Battle of Surabaya (2014)

Dikenal juga dengan judul 10 November, film animasi ini adalah film drama perang yang disutradarai oleh Aryanto Yuniawan dan M. Suyanto. Film animasi ini telah memenangkan beberapa penghargaan termasuk penghargaan Most People's Choice Award di International Movie Trailer Festival (IMTF).

Film ini mengisahkan Musa, seorang penyemir sepatu berusia 13 tahun yang berubah menjadi kurir di era Perang Dunia II. Bukan kurir biasa yang mengirimkan surat biasa, melainkan surat-surat rahasia tentang strategi perang yang kemudian meletus dalam peristiwa nyata yang terjadi di Surabaya pada 10 November 1945.

6. Kadet 1947 (2021)

Disutradarai oleh Rahabi Mandra dan Aldi Swastia, Kadet 1947 berkisah tentang para kadet muda yang mempertahankan pangkalan udara terakhir yang tersisa dari agresi Belanda ke Indonesia setelah Perang Dunia II.

Film ini terinspirasi dari misi serangan udara pertama TNI AU yang dilakukan oleh para kadet di markas pertahanan Belanda di Semarang pada tanggal 29 Juli 1947.

7. Jenderal Sudirman (2015)

Dalam film ini, sosok Jenderal Sudirman diperankan oleh Adipati Dolken. Film biopik ini bercerita tentang perjuangan Jenderal Sudirman dalam melawan penjajah. Dia memimpin perlawanan dalam Agresi Militer II yang terjadi pada tahun 1948. Berbagai suka duka perlawanan Sudirman ditampilkan dalam film ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro