Ilustrasi perempuan merasa sakit akibat sistem kekebalan tubuh menurun/Freepik
Health

7 Tanda Imun Tubuh yang Lemah dan Tips Jaga Kekebalan Tubuh

Redaksi
Rabu, 23 Agustus 2023 - 16:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sistem imun atau kekebalan tubuh adalah sekelompok sel yang berguna untuk menjaga tubuh dari paparan virus dan penyebab penyakit. 

Peran sistem kekebalan tubuh dalam tubuh tidak bisa diremehkan. Ketika sistem kekebalan tubuh melemah, tubuh akan lebih rentan terkenal penyakit maupun infeksi. 

Dilansir dari Medical Daily, Rabu (23/8/2023), berikut adalah beberapa tanda kekebalan tubuh lemah yang perlu diketahui. 

1. Rentan jatuh sakit

Sering jatuh sakit karena pilek, flu, dan infeksi dapat menjadi tanda bahwa tubuh memiliki mekanisme pertahanan yang lemah. 

Biasanya, sistem kekebalan tubuh membutuhkan waktu untuk melawan infeksi selama 7–10 hari hingga tubuh kembali pulih. Namun, jika terlalu sering terserang batuk pilek dengan waktu pemulihan lebih dari 10 hari, maka hal tersebut bisa menjadi gejala imun lemah. 


2. Masalah pencernaan

Penelitian telah menunjukkan bahwa jumlah bakteri dan mikroba usus dapat memengaruhi kekebalan tubuh manusia. Masalah pencernaan yang sering terjadi seperti diare dapat menjadi tanda peringatan dini dari kekebalan tubuh yang terganggu.


3. Penurunan berat badan

Penurunan berat badan tanpa sebab dapat menjadi tanda adanya masalah kesehatan dan kekebalan tubuh yang lemah.


4. Masalah pada kulit

Munculnya berbagai masalah kulit seperti kulit kering, ruam kulit dan infeksi dapat menunjukkan adanya kekurangan dalam sistem kekebalan tubuh karena kulit tidak mampu mencegah masuknya bakteri atau zat asing. 


5. Penyembuhan luka yang lambat

Jika anda memiliki luka  yang membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh, anda mungkin perlu memeriksakan diri ke spesialis kesehatan, karena ini bisa menjadi tanda sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Jika imun bekerja dengan baik, luka ringan membutuhkan waktu sekitar 3-5 hari untuk sembuh. Jika lebih dari itu, bisa menjadi pertanda tubuh memiliki imun yang lemah. 


6. Munculnya alergi secara tiba-tiba

Peningkatan sensitivitas terhadap makanan tertentu dan timbulnya alergi secara tiba-tiba adalah salah satu tanda gangguan fungsi kekebalan tubuh.


7. Kelelahan 

Merasa lelah setelah melakukan aktivitas sepanjang hari merupakan hal yang normal. Namun, jika rasa lelah tak kunjung mereda bahkan setelah beristirahat, kondisi ini bisa menjadi pertanda imun tubuh menurun. Tingkat energi yang rendah secara konstan menandakan bahwa sistem kekebalan tubuh sedang tidak bekerja dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro