Pantai Pongkar di Kabupaten Karimun/Istimewa
Travel

Tempat Wisata yang Sedikit Polusi di Indonesia

Redaksi
Kamis, 24 Agustus 2023 - 20:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Polusi udara di Indonesia merupakan kondisi serius yang sedang ramai diperbincangkan akhir-akhir ini. Sebagian besar daerah di Indonesia memiliki kualitas udara yang cukup buruk.

Polusi pada bulan ini di Jabodetabek adalah yang paling mengkhawatirkan. Ini bisa memicu penyakit paru-paru untuk banyak orang. Anda mungkin ingin pergi ke suatu tempat dengan udara yang cukup baik untuk menghindari kondisi tersebut.

Udara yang baik mungkin bisa ditemukan di tempat-tempat dataran tinggi, seperti gunung dan bukit, atau pantai. Pergi ke tempat-tempat tersebut mungkin bisa membuat sistem pernapasan Anda beristirahat sejenak dari udara buruk. 

Simak beberapa rekomendasi tempat wisata yang minim polusi di Indonesia:

1. Dieng

Wisata Dieng merupakan tempat wisata terkenal yang berlokasi di Jawa Tengah. Ini merupakan wisata yang menawarkan pemandangan alam yang asri. Gunung dan bukit tampak jelas dari tempat pemukiman.

Suhu di sana sangat rendah sehingga perlu menggunakan pakaian hangat. Jika pagi-pagi pergi untuk mendaki, seperti mendaki Bukit Sikunir, Anda akan mendapatkan udara bersih dan sehat yang jarang ditemukan di kota.

2. Puncak, Bogor

Puncak merupakan daerah dataran tinggi yang memiliki berbagai pilihan tempat wisata. Jika ingin menikmati udara sehatnya saja, Anda juga bisa menginap di sana karena banyak penginapan, seperti homestay dan villa.

Salah satu tempat wisata yang terkenal adalah Dairyland Cimory. Di sana menawarkan tempat wisata yang asri dan bertema peternakan. Untuk Anda yang memiliki anak kecil tidak usah khawatir karena tempat ini ramah anak.

3. Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

Pulau ini terkenal karena populasi komodo yang hanya ada di sini. Keindahan alam bawah lautnya pun luar biasa sehingga cocok untuk snorkeling dan diving. Anda bisa menikmati keindahan laut dengan menghirup udara segar di sana.

Tidak hanya laut, Anda juga bisa mendaki bukit-bukit yang ada. Hanya memandangi pemandangan di sana sudah cukup bagi Anda yang lelah dengan hiruk pikuk perkotaan. Daerah ini juga memiliki banyak penginapan yang menawarkan fasilitas menarik, seperti spa.


4. Kepulauan Karimunjawa, Jawa Tengah

Terletak di Laut Jawa, pulau ini menawarkan pantai-pantai cantik, keanekaragaman hayati laut, dan udara yang segar. Di sana, terdapat sebuah pulau, Pulau Karimun, yang dikhususkan untuk pemukiman penduduk dan pengunjung. Di pulau tersebut pun polusinya minim dan pulau-pulau lainnya memiliki udara yang bagus.

Sama seperti Pulau Komodo, Kepulauan Karimunjawa tidak hanya menawarkan wisata pantai. Di sana ada bukit juga untuk didaki. Anda yang suka keduanya mungkin menganggap destinasi ini adalah yang terbaik. Berkemah di tepi pantai juga diperbolehkan di sana.


5. Kepulauan Pahawang, Lampung

Jika ingin ke sebuah pulau dengan pemandangan laut luar biasa yang lumayan dekat dengan Jabodetabek, cobalah Pulau Pahawang. Anda bisa pergi ke sana dengan menggunakan pesawat atau kapal penyebrangan dari Pelabuhan Merak. Di Pahawang, udaranya baik dan asri dibandingkan kota-kota besar. 

Anda bisa berkemah, diving, snorkling, atau sekadar bermain-main di pantai di sana. Untuk pergi ke pulau-pulau sekitar, ada perahu yang akan mengantar Anda. Menikmati matahari terbit di sana adalah yang terbaik karena pemandangan langit yang indah berwarna pink keunguan ditambah udara yang segar. (Salma Permata Dewi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro