Aneka makanan manis
Health

7 Tips Mengatasi Sugar Craving atau Kecanduan Makanan Manis

Redaksi
Jumat, 25 Agustus 2023 - 13:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sugar craving atau kecanduan makanan manis adalah bentuk adiksi atau kecanduan yang terjadi pada otak dikarenakan konsumsi gula yang berlebihan. 

Keinginan untuk mengonsumsi sesuatu yang manis sesekali masih bisa dianggap wajar. Namun, jika keinginan untuk mengonsumsi makanan manis ini cukup sering, penting untuk mengetahui penyebab serta cara mengatasinya. 

Jika dibiarkan, kecanduan makanan manis atau sugar craving dapat berujung pada masalah kesehatan seperti diabetes. Sebenarnya, apa yang menyebabkan sugar craving?

1. Kadar gula darah rendah

Ketika kadar gula darah tubuh rendah, tubuh akan membutuhkan gula. Hal ini terjadi karena sumber bahan bakar utama otak adalah glukosa, sejenis gula. 

Jika otak tidak menerima glukosa dalam jumlah yang cukup, otak akan mengirimkan sinyal yang memerintahkan tubuh untuk mengonsumsi sesuatu yang mengandung glukosa, sebagai sumber energi otak untuk menjalankan fungsinya. 


2. Stres

Stres emosional dapat memicu keinginan mengonsumsi makanan manis, sebagai cara untuk mengatasi emosi negatif. 

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam "Appetite" pada tahun 2015 menunjukkan bahwa stres mengakibatkan asupan makanan berkalori tinggi dan mengandung gula yang tidak diperlukan karena tubuh mencari kenyamanan emosional melalui makan.

3. Kekurangan magnesium dan kromium

Kekurangan kedua mineral ini dapat menjadi penyebab sugar craving. Magnesium terlibat dalam metabolisme glukosa, dan kromium berperan dalam membantu mengatur kadar gula darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro