Aneka makanan manis
Health

7 Tips Mengatasi Sugar Craving atau Kecanduan Makanan Manis

Redaksi
Jumat, 25 Agustus 2023 - 13:28
Bagikan

Cara mengatasi sugar craving


Setelah mengetahui apa itu sugar craving dan penyebabnya, berikut adalah beberapa tips mengatasi sugar craving atau kecanduan makanan manis yang bisa dilakukan: 


1. Menjaga kestabilan gula darah

Kadar gula darah yang stabil dapat membantu mencegah sugar craving. Untuk membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil, pastikan untuk tidak melewatkan makan malam. 


Anda juga bisa menyantap makan malam dengan makanan rendah indeks glikemik seperti gandum, ubi jalar, susu, yogurt, dan buah. Makanan dengan indeks glikemik rendah dapat membantu menstabilkan gula darah. 


2. Mengonsumsi makanan tinggi serat

Serat larut yang ditemukan pada buah, sayuran dan biji-bijian seperti gandum, kacang-kacangan akan membengkak dengan air di dalam usus dan membantu tubuh merasa kenyang. Serat larut dapat menstabilkan kadar gula darah dan membantu mengelola keinginan mengonsumsi gula. 


3. Jangan menyimpan makanan manis di rumah

Tidak menyimpan makanan manis di rumah bisa menjadi solusi untuk mengurangi sugar craving. Sebagai gantinya, anda bisa menyimpan camilan sehat yang bisa dikonsumsi di rumah. 


4. Jangan melewatkan waktu makan

Melewati waktu makan adalah faktor utama pemicu sugar craving. Mengonsumsi makanan yang mengenyangkan akan membunuh kemungkinan sugar craving sampai batas waktu tertentu.


5. Mengonsumsi protein

Protein membantu menstabilkan kadar gula darah dan membuat tubuh merasa kenyang, sehingga dapat membantu mengurangi keinginan mengonsumsi gula.


6. Mengonsumsi buah

Buah mengandung gula alami dan nutrisi lain seperti serat, vitamin, mineral, antioksidan, dan fitokimia. Karena kandungan serat dalam buah, tubuh akan memproses gula dalam buah secara berbeda dengan makanan yang tinggi gula olahan. 


Beberapa orang mungkin mengkhawatirkan kandungan gula dalam buah, namun jumlah gula alami yang sehat dalam buah dapat membantu mengatasi keinginan mengonsumsi gula.


7. Minum air putih

Dehidrasi sering kali disalahartikan sebagai keinginan mengonsumsi gula. Jika anda merasakan keinginan untuk mengonsumsi gula, minumlah segelas air putih dan pastikan kembali apakah anda masih menginginkan gula atau tidak, bisa jadi yang anda rasakan hanya rasa haus. (Kresensia Kinanti)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro