Buah Kiwi/Blackpeppercorn
Health

10 Buah Rendah Gula yang Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes

Redaksi
Jumat, 25 Agustus 2023 - 11:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Penderita diabetes sebaiknya tidak mengonsumsi buah-buahan dalam jumlah yang lebih banyak, sebab bisa meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

Semua buah memiliki vitamin, fitokimia, dan hal lain yang membuatnya baik untuk tubuh. Namun, buah juga mengandung karbohidrat dan gula alami yang disebut fruktosa, yang dapat meningkatkan kadar gula darah. 

Meskipun buah memberikan banyak nutrisi penting, beberapa jenis buah mengandung gula yang lebih tinggi daripada yang lain. Namun, bagi para penderita diabetes, ada beberapa jenis buah yang dapat dikonsumsi karena kandungan gulanya yang rendah. 

Simak 10 buah rendah gula yang baik untuk dikonsumsi penderita diabetes dalam jumlah terbatas:

1. Jeruk

Satu buah jeruk berukuran sedang mengandung sekitar 12 gram gula dan 70 kalori. Selain kaya akan vitamin C, jeruk juga mengandung kalium dan folat yang dapat membantu mengontrol tekanan darah.


2. Jeruk bali

Selain buah jeruk, jeruk bali juga menjadi salah satu buah yang baik dikonsumsi penderita diabetes. Satu buah jeruk bali berukuran sedang hanya mengandung sekitar 9 gram gula. 


3. Kiwi

Buah berdaging hijau ini adalah salah satu jenis dari buah beri yang mudah ditemukan. Buah kiwi kaya akan vitamin C dan rendah gula dengan kandungan gula sekitar 6,7 gram per buahnya. 


4. Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah yang rendah gula. Satu buah alpukat mentah hanya mengandung sekitar 1 gram gula. Selain itu, alpukat juga mengandung lemak sehat yang dapat membuat tubuh merasa kenyang setelah mengonsumsinya. 


5. Semangka

Selain kaya akan sumber mineral, semangka adalah buah yang mengandung sedikit gula. Secangkir semangka potongan dadu mengandung kurang dari 10 gram gula. Semangka juga merupakan sumber elektrolit, vitamin A, dan vitamin C yang baik untuk tubuh. 


6. Buah beri

Buah beri seperti blueberry, stroberi, atau buah beri lainnya adalah buah yang cocok untuk penderita diabetes karena kaya akan antioksidan dan serat. 


7. Apel

Satu buah apel berukuran sedang mengandung sekitar 95 kalori dan 25 gram karbohidrat. Selain itu buah apel juga kaya akan vitamin C yang baik untuk tubuh. 

Perlu diingat, jika mengonsumsi buah apel anda tidak perlu mengupas kulitnya, karena kulit apel mengandung banyak nutrisi, serat, dan antioksidan yang berguna untuk kesehatan jantung. 


8. Persik

Buah persik dikenal dengan rasanya yang manis. Namun, dalam buah persik berukuran sedang yang hanya mengandung sekitar 13 gram gula, buah ini masih dianggap sebagai buah rendah gula. 


9. Nektarin

Buah nektarin adalah buah yang mirip dengan buah persik dengan bentuk dan rasa yang hampir sama. Nektarin mengandung senyawa fenolik yang dapat membantu mencegah diabetes dan bahkan melawan penyakit ini ketika sudah berkembang.

Nektarin juga merupakan sumber Vitamin A, Vitamin C, dan kalium.


10. Cranberry

Cranberry adalah buah rendah gula dan kaya akan senyawa antioksidan yang disebut polifenol. Penelitian telah mengindikasikan bahwa cranberry dapat memberikan manfaat bagi penderita diabetes.

Sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition menemukan bahwa mengonsumsi 333 mg polifenol dari stroberi dan cranberry dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mencegah peningkatan sekresi insulin kompensasi tanpa memengaruhi lipid plasma, CRP, sitokin proinflamasi, dan kapasitas antioksidan. (Kresensia Kinanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro