Ilustrasi menu makanan sehat. Dok. Freepik.
Health

9 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet

Redaksi
Rabu, 6 September 2023 - 19:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Memiliki bentuk tubuh yang ideal merupakan impian setiap wanita. Banyak cara dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang ideal, dari olahraga, diet bahkan mengkonsumsi obat pelangsing.

Namun, hal yang dilakukan tidak menjawabi impian banyak orang. Sebagain orang karena kesibukannya, susah untuk menyeimbangi diet ataupun olahraga sedangkan orang lain mungkin mengkonsumsi pil pelangsing yang memiliki dampak yang berbahaya.

Nah, jika kamu ingin tubuh yang langsing tanpa bersusah payah olahraga atau diet yang menyiksa, kamu bisa ikuti beberapa tips gampang seperti banyak minum air dan pilihan piring. 

Ini tips menurunkan berat badan tanpa diet:

1. Pilihan Piring

Ukuran piring dan porsi telah meningkat seiring berjalannya waktu, sehingga kamu mungkin makan lebih banyak dari yang kamu sadari. Disaat makan, gunakan piring yang lebih kecil atau seukuran dengan jumlah makanan kamu, ini akan membantu kamu merasa puas.

2. Banyak Minum Air

Orang Amerika mendapatkan lebih dari seperlima kalori harian mereka hanya dari minuman, jadi beralih ke air adalah langkah cerdas dalam menurunkan berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa minum air sebelum makan dapat membuat kamu merasa kenyang, sehingga membantu menurunkan berat badan juga.

3. Tidur 

Kurang tidur memicu bagian otak yang mengontrol keinginan untuk makan dan begadang meningkatkan keinginan akan makanan yang tidak sehat, sehingga orang cenderung makan lebih banyak di malam hari. Terlebih lagi, kurang tidur dapat memperlambat produksi leptin dalam tubuh, yang membuat kamu merasa kenyang dan meningkatkan hormon lapar ghrelin.

4. Aktif Bersosialisasi 

Bergabunglah dengan teman atau bergabunglah dengan grup yang juga berupaya menurunkan berat badan. Melakukan hal tersebut dapat memberikan semangat dan saling memotivasi. Sebuah penelitian menunjukkan orang-orang yang bekerja sama dengan para pelaku diet sukses memiliki kemungkinan 20% lebih besar untuk berhasil.

5. Gunakan Tangan Nondominan untuk Makan

Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang makan lebih sedikit ketika mereka menggunakan tangan nondominan mereka, hal ini disebabkan karena mereka cenderung tidak mengunyah tanpa berpikir panjang. Para ilmuwan mengatakan makan perlahan akan memberikan waktu bagi perut untuk mengirimkan rasa kenyang ke otak yang pada akhirnya dapat membantu makan lebih sedikit.

6. Makan Dengan Perlahan 

Makanlah dengan penuh kesadaran, fokus dan nikmati setiap gigitan tanpa gangguan seperti menonton TV. Orang dapat mengurangi konsumsi hariannya sebanyak 300 kalori dengan makan lebih lambat dan memberikan waktu pada otak untuk mencatat seberapa kenyang yang mereka rasakan, menurut sebuah penelitian.

7. Aktif Beraktivitas 

Mengurangi kalori tidak hanya membantu menurunkan berat badan, tetapi juga memperlambat metabolisme. Sebaiknya kombinasikan aktivitas fisik dengan pola makan bergizi untuk mencapai atau mempertahankan berat badan yang sehat. 

8. Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet bebas gula di antara waktu makan berfungsi sebagai penekan nafsu makan jangka pendek. Studi menunjukkan bahwa mengunyah permen karet setidaknya selama 45 menit secara signifikan menurunkan rasa lapar, nafsu makan dan keinginan akan makanan manis.

9. Mengkonsumsi Kafein

Mengonsumsi kafein sebelum berolahraga meningkatkan daya tahan tubuh. Kafein memperlambat pelepasan glikogen, yang mendorong tubuh menggunakan lemak sebagai bahan bakar terlebih dahulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro