Menu makanan hidangan KTT Asean 2023/tangkapan layar
Kuliner

Ini Tema Hidangan oleh Tim Chef Arnold di KTT ASEAN 2023

Redaksi
Rabu, 6 September 2023 - 21:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hari ini, Rabu (6/9/23) merupakan hari kedua dari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023. Acara ini sudah dilaksanakan sejak kemarin dan berakhir besok.

Agenda yang diadakan hari ini adalah jamuan makan malam atau gala dinner yang dipimpin oleh Presiden Jokowi. Acara tersebut diadakan di Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK). Hidangan untuk makan malam ini disiapkan oleh koki-koki kelas atas, termasuk koki selebriti Arnold Poernomo.

Tema jamuan makan malam ini diungkapkan oleh Chef Arnold melalui kanal YouTube resmi Sekretariat Presiden. Tema tersebut adalah 'Nusantara on the Forest'. Tema besar tersebut akan dipecah lagi sesuai dengan tiap tim yang ada.

"Request-nya adalah yang pasti makanan harus mewah, megah, nikmat, dan enak," tambahnya.

Chef Degan Septoadji menjelaskan bahwa para chef ingin menyajikan makanan Indonesia karena ingin menunjukkan masakan Indonesia zaman sekarang sudah bisa mendunia. Ini bisa dilihat dari segi penampilan dan teknik memasaknya sama dengan standar internasional, tetapi rasanya tetap autentik.

menu makanan makan malam ktt asean 2023
menu makanan makan malam ktt asean 2023

"Yang saya harapkan adalah masakan Indonesia kita ini bisa diterima dengan baik oleh kepala-kepala negara lain," ucapnya.

Dia juga berharap kepada tamu-tamu yang hadir di KTT ASEAN ke-43 bisa melihat masakan Indonesia pantas bersaing di dunia. Menurutnya, masakan Indonesia memang sudah waktunya mendunia. Terlihat makanan-makanan yang disediakan memiliki tampilan unik ala restoran bintang lima.

Yozua Makes dari Plataran Group mengungkapkan bahwa pemilihan tempat jamuan makan malam di Hutan Kota GBK merupakan pilihan Presiden Jokowi. Plataran Group hanya menyiapkan tempat dan fasilitasnya. Tempat jamuan makan malam ini dihiasi dengan tanaman-tanaman dan lampu-lampu yang memukau.

Jamuan makan malam ini dimeriahkan pula dengan penampilan-penampilan seni, seperti permainan alat musik tradisional Sasando. Pertunjukan kesenian tersebut tentunya dimeriahkan oleh pelaku seni Indonesia. (Salma Permata Dewi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro