Bayi dipijat
Health

10 Tips Menjaga Kesehatan Kulit Bayi

Redaksi
Senin, 11 September 2023 - 11:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Bayi memiliki kulit sensitif yang rentan mengalami masalah kulit. Simak cara dan tips agar menjadi kulit bayi tetapp sehat.

Kondisi kulit seperti ruam popok dan ruam panas sering membuat kulit bayi kering, gatal, teriritasi dan menyebabkan ketidaknyamanan  untuk bayi. Kadang bayi sering rewel karena masalah-masalah kulit yang sedang dialami. 

Namun, orang tua tidak perlu cemas. Menangani masalah bayi cukup mudah dan orang tua hanya perlu menambah edukasi tentang cara merawat kulit bayi dengan baik dan benar. Kulit bayi yang halus dan lembut sebenarnya tidak perlu untuk sering dimandikan, karena dapat menghilangkan kelembaban pada kulit bayi. 

Tips menjaga dan merawat kulit bayi yang sensitif:

1. Batasi Mandi

Orang tua dianjurkan untuk tidak sering memandikan bayi, karena dapat mengeringkan kulit bayi dengan menghilangkan kelembapan yang disediakan oleh minyak alami.

Saat memandikan bayi, pilihlah sabun mandi yang tidak mengandung bahan yang dapat mengiritasi kulitnya, seperti pewangi dan pewarna. 


2. Melembabkan dengan Lotion Hipoalergenik yang Bebas Pewangi

Banyak orang tua yang mengoleskan lotion pada bayinya setiap hari, namun produk yang salah dapat merusak atau mengiritasi kulit. Banyak lotion yang mengandung pewarna dan pewangi yang dapat merusak kulit bayi atau memperburuk kondisi kulitnya saat ini. 

Lotion yang terbuat dari shea butter dan kokum butter dapat digunakan untuk melembabkan kulit halus bayi secara intens dan menjaganya tetap terhidrasi, lembut dan kenyal dalam waktu lama.

3. Hindari atau Batasi Paparan Sinar Matahari

Jika kamu tidak dapat menghindari sinar matahari dan harus membawa bayi keluar rumah, pertimbangkan perlindungan terhadap sinar matahari.

Jika bayi berusia lebih dari 6 bulan, bisa mengoleskan sunscreen yang bebas pewangi dan hipoalergenik dan gunakanlah baju, topi serta payung untuk melindungi bayi dari sinar matahari.

4. Hindari Penggunaan Krim, Gel dan Serum

Hindari produk tersebut jika menyangkut bayi walaupun kondisi kulit bayi sedang jerawat. Saat membersihkan area yang terdapat jerawat, orang tua disarankan hanya menggunakan air saja. Hindari penggunaan sabun atau produk jerawat dan menjaga area tersebut tetap kering akan membuat jerawat hilang dengan sendirinya. 


5. Ganti Popok Sesering Mungkin

Ruam popok adalah kondisi kulit yang tampak seperti benjolan dan bercak merah di bokong dan alat kelamin bayi. Hal ini sering kali disebabkan oleh kelembapan dari popok yang kotor, infeksi jamur, keringat atau tidak dikeringkan secara menyeluruh setelah mandi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro