Cara mencegah agar sumur tidak kering/paramountwellservice
Health

9 Tips Menjaga Sumur Anda Agar Tidak Kering

Novita Sari Simamora
Selasa, 12 September 2023 - 18:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pada musim kemarau panjang, banyak air sumur masyarakat menjadi kering. Simak tips agar air sumur tidak menjadi kering dan tetap ada air.

Air sangat penting dalam kehidupan sehari-hari Anda untuk kegiatan sehari-hari seperti membersihkan, memasak, dan kebersihan pribadi. Jika Anda bergantung pada sumur untuk persediaan air rumah tangga Anda, maka Anda harus mengetahui tanda-tanda sumur kering.

Tanda-tanda sumur kering:

1. Aliran air yang buruk

Salah satu hal pertama yang harus Anda waspadai jika Anda mencegah sumur Anda mengering adalah memperhatikan aliran air yang tersendat-sendat. Air yang mengalir dari keran Anda harus memiliki aliran yang kuat dan konsisten. Aliran air yang buruk dapat mengindikasikan adanya gelembung udara berlebih, sering kali disebabkan oleh kehabisan air.

2. Tekanan air rendah

Tanda peringatan air kering adalah tekanan air yang rendah. Terkadang, tekanan air yang rendah disebabkan oleh kegagalan pompa air atau tangki tekanan Anda bocor.

Simak cara meningkatkan tekanan air pada pompa sumur:

1. Pompa air bekerja terus menerus — atau tidak sama sekali

Pompa air memiliki peran penting bagi sumur Anda, jadi penting untuk selalu memastikan pompa tersebut berfungsi. Jika pompa air Anda tidak bekerja sama sekali, Anda tidak dapat mengetahui apakah sumur Anda kering karena Anda tidak akan mendapatkan air apa pun, jadi hubungi ahli servis pompa air jika ini masalahnya. kasus.

Di sisi lain, ada juga kemungkinan pompa air Anda bekerja terlalu banyak. Jika pompa Anda bekerja terlalu lama, mungkin pompa tersebut mencoba mengambil air dari sumur yang kering.

2. Memburuknya kualitas air

Jika air sumur Anda yang tadinya jernih menjadi keruh atau keruh atau berbau tidak sedap, mungkin karena sumur tersebut mengering. Jangan abaikan penurunan kualitas air, karena hal ini dapat berdampak pada kesehatan rumah tangga dan kesehatan pipa ledeng Anda.

3. Mencegah Sumur Anda Menjadi Kering: Yang Dapat Anda Lakukan

Periksa kebocoran. Cara untuk mencegah sumur Anda mengering adalah dengan memeriksanya secara rutin apakah ada kebocoran, retakan, atau titik lemah. Hal ini tidak hanya membantu mencegah sumur Anda mengering karena air bocor. Hal ini juga menjaga kehidupan sumur Anda, menghemat air, dan mencegah kotoran mempengaruhi kualitas air Anda.

4. Menghemat air

Mempraktikkan konservasi air menjadikan planet ini tempat yang lebih baik untuk ditinggali… dan juga mencegah sumur Anda menjadi kering. Batasi waktu mandi dan jadwalkan penggunaan air Anda selama beberapa hari daripada menjalankan peralatan yang banyak mengandung air (seperti mesin cuci dan mesin pencuci piring) setiap hari.

Waspadai musim kemarau dengan membaca tentang kekeringan atau kekurangan air di daerah Anda. Selama musim kemarau ini, berhati-hatilah dalam memantau ketinggian air di sumur Anda dan lakukan konservasi air secara agresif.

5. Jadwalkan perbaikan secepatnya

Cara mudah untuk mencegah sumur Anda mengering adalah dengan meminta perbaikan dan/atau servis kapan pun Anda melihat ada masalah. Ini akan membuat sumur Anda bertahan lebih lama dan menghemat uang untuk penggantian yang mahal.

Selain itu, jangan lewatkan penjadwalan pemeliharaan rutin seperti pemeriksaan. Pelajari lebih lanjut tentang apa yang terjadi selama inspeksi sumur air.

6. Teliti solusi jangka panjang

Terkadang, tidak ada jawaban sederhana untuk mencegah sumur Anda mengering, dan solusinya perlu dilakukan dengan melakukan penyesuaian sumur secara profesional.

Diskusikan pilihan Anda dengan teknisi servis air sumur perumahan jika masalah ini terus terjadi. Tergantung pada faktor-faktor seperti ketinggian air tanah dan penggunaan akuifer, mereka mungkin menyarankan salah satu solusi berikut, antara lain:

7. Rekahan air

Teknik ini hanya bisa dilakukan jika sumur Anda mendapatkan air dari akuifer. Ini melibatkan penyemprotan jet air berkekuatan tinggi ke dalam akuifer untuk membersihkan segala penyumbatan dan mengembalikan aliran air normal ke dalam sumur Anda.

Menurunkan pompa air Anda. Menurunkan pompa air dapat membantu mencegah sumur Anda mengering hanya karena pompa air memiliki lebih banyak air tanah yang dapat diambil. Namun, hal ini tidak dapat dilakukan pada pompa jet dan terkadang bukan merupakan solusi hemat biaya untuk sumur yang selalu kering.

8. Memperdalam sumur

Membuat sumur Anda lebih dalam adalah cara terbaik untuk mencegah sumur Anda mengering karena hal ini meningkatkan akses sumur terhadap air dan sekaligus meningkatkan kapasitasnya.

9. Mengebor sumur baru

Jika tidak ada opsi di atas yang cocok untuk sumur Anda, cara terbaik untuk mencegah sumur Anda mengering adalah dengan meminta teknisi mengebor sumur baru. Teknisi akan memberikan perhatian khusus untuk menutup sumur lama Anda dan memastikan penempatan sistem baru Anda dengan baik, sehingga masalah ini tidak akan terus terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro