Kriyanusa
Travel

Lebih dari 300 Pengrajin Ikuti Kriyanusa 2023

Mutiara Nabila
Rabu, 13 September 2023 - 19:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) kembali menggelar Pameran Kriyanusa 2023, dengan tema "Kriya Unggul, Indonesia Maju". 

Pameran kerajinan tradisional ini diselenggarakan mulai tanggal 13 September sampai 17 September 2023 di Jakarta Convention Center. 

Istri Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin, Wury Estu Handayani mengatakan bahwa acara ini diselenggarakan dalam rangka mempromosikan dan mendorong kriya unggul sebagai salah satu aset paling berharga Indonesia dalam menghadapi tantangan pasar global. 

"Pameran Kriyanusa 2023 akan menjadi panggung bagi perajin terampil dari seluruh penjuru negeri untuk memamerkan karya-karya mereka yang indah dan kreatif. Tidak hanya menampilkan kerajinan tangan yang unik, tetapi juga memperlihatkan semangat inovasi dan kreativitas yang tak terbatas dalam menghasilkan produk-produk kriya unggul," jelasnya dalam pembukaan acara Kriyanusa 2023, Rabu (13/9/2023).  

Wury menyebutkan ada 307 stand yang hadir dan ingin menyemarakkan Kriyanusa 2023 ini.

"Alhamdulillah Ibu Negara juga hadir membuka acara ini, meresmikan dan hari ini sudah bisa mulai dibuka untuk masyarakat umum yang ingin belanja dan menikmati atau melihat hasil karya dari anak bangsa, para perajin Indonesia," imbuhnya. 

Terkait target transaksi, Ketua Harian Dekranas, Tri Suswati, istri Mendagri Tito Karnavian menyebutkan tidak ada, karena pameran ini bersifat bukan untuk bisnis tapi untuk memperkenalkan produk Indonesia. 

"Pameran ini juga ingin memperlihatkan kontribusi Dekranasda setempat terhadap ekonomi di wilayahnya. Bagaimana pemerintah daerah mengawal dan memberikan ruang kepada perajin untuk meningkatkan karya dan untuk meningkatkan ekonomi masing-masing daerahnya," paparnya. 

Dalam upaya untuk mempromosikan warisan budaya dan mendorong inovasi ekonomi, Dekranas mengangkat kriya unggul sebagai salah satu pilar utama dalam perjalanan menuju kemajuan bangsa Indonesia. 

Kriya unggul yang dimaksud merupakan kerajinan tangan dan seni tradisional Indonesia, yang menjadi semakin penting dalam mengembangkan identitas nasional dan berperan besar dalam mendukung ekonomi kreatif di negara ini. 

"Kriya unggul bukan hanya tentang menghormati tradisi dan budaya, tetapi juga tentang menciptakan lapangan kerja, mempromosikan keberlanjutan, dan menghasilkan keuntungan ekonomi yang signifikan bagi Indonesia," tambah Wury. 

Salah satu aspek yang menarik perhatian dunia adalah kreativitas luar biasa yang terkandung dalam setiap produk kriya unggul Indonesia. Para perajin lokal sangat terampil dalam menggabungkan tradisi dan inovasi untuk menciptakan produk yang memikat pasar global. 

Hal ini juga adalah peluang bagi investasi yang dapat mendukung para perajin dan pelaku industri kriya untuk berkembang dan bersaing secara global. 

"Selain itu Kriyanusa merupakan pameran kerajinan yang ditunggu-tunggu masyarakat tidak hanya Indonesia, tapi juga mancanegara karena menampilkan produk kerajinan unggulan daerah yang dihasilkan oleh pelaku-pelaku IKM yang kompeten dan berdaya saing," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro