Vaksin DBD/lancet
Health

Vaksin Demam Berdarah Diperlukan untuk Masyarakat, Terutama yang Tinggal di Area Curah Hujan Tinggi

Novita Sari Simamora
Kamis, 14 September 2023 - 16:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Demam berdarah disebabkan oleh virus dengue dan merupakan kasus yang serius dan banyak di dunia. Kasus DBD juga sangat mematikan dan membahayakan sebagian besar penderitanya.

Biasanya, kasus demam berdarah banyak ditemukan di wilayah tropis dan subtropis, seperti Asia Tenggara, kepulauan Pasifik barat, Amerika Latin, dan Afrika. Namun, penyakit ini sudah menyebar ke wilayah lain.

Dilansir dari Mayo Clinic, Kamis (14/9/2023) kebanyakan orang pulih dalam waktu sekitar satu minggu. Dalam beberapa kasus, gejalanya memburuk dan bisa mengancam jiwa. Hal ini disebut demam berdarah berat, demam berdarah dengue, atau sindrom syok dengue.

Demam berdarah menyebabkan demam tinggi, yakni 104 F (40 C). Adapun gejala-gejala lainnya sebagai berikut.

  • Sakit kepala
  • Nyeri otot, tulang atau sendi
  • Mual
  • Muntah
  • Sakit di belakang mata
  • Kelenjar bengkak
  • Ruam

Vaksin DBD sangat diperlukan bagi masyarakat guna menghindari penyakit tersebut. Dilansir dari CDC, vaksin demam berdarah melindungi terhadap keempat jenis demam berdarah.

Jika sebelumnya pernah menderita demam berdarah, vaksin demam berdarah dapat melindungi Anda dari penyakit atau rawat inap yang disebabkan oleh demam berdarah.

vaksin dbd
vaksin dbd

Beberapa alasan mengapa vaksin DBD diperlukan:

  1. Vaksin DBD terbukti efektif dalam mencegah terjadinya DBD, baik pada orang yang belum pernah terkena DBD maupun pada orang yang sudah pernah terkena DBD.
  2. Vaksin DBD dapat membantu mencegah terjadinya DBD yang parah, seperti DBD dengan sindrom syok dengue (DSS).
  3. Vaksin DBD dapat membantu menurunkan angka kematian akibat DBD.

Ada dua vaksin DBD yang terkenal dan sudah beredar di Indonesia. Dilansir dari Badan POM, vaksin Qdenga merupakan vaksin DBD kedua setelah Dengvaxia yang beredar di Indonesia. Efikasi Vaksin Qdenga untuk pencegahan demam berdarah secara keseluruhan sebesar 80,2%.

Sementara itu, efikasinya untuk mencegah hospitalisasi akibat virus DBD sebesar 95,4%. Vaksin ini menunjukkan efikasi yang baik pada orang yang memiliki antibodi maupun tidak memiliki. 

Tahun lalu, BPOM telah mengeluarkan izin edar untuk Qdenga ini. Qdenga merupakan vaksin dengan indikasi untuk pencegahan penyakit dengue yang disebabkan oleh virus dengue pada usia 6 sampai 45 tahun. Selain itu, orang-orang yang dianjurkan melakukan vaksin DBD adalah sebagai berikut.

- Orang yang tinggal di area dengan curah hujan tinggi

- Orang yang sering bepergian ke berbagai daerah

- Orang yang bekerja di area endemis DBD

- Orang yang anggota keluarganya pernah terkena DBD (Salma Permata Dewi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro