Sejumlah warga lanjut usia mengikuti senam lansia di Desa Berdaya Tegalurung, Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Selasa (6/10/2020).
Health

Tips Hidup Sehat Menjelang Pensiun, Salah Satunya Perbanyak Interaksi

Redaksi
Jumat, 15 September 2023 - 17:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Menjelang masa pensiun, kamu harus menyiapkan diri meninggalkan pekerjaan dari perusahaan atau sistem kepegawaian dan memasuki rutinitas baru dalam hidup.

Pada umumnya seorang dinyatakan pensiun jika mengajukan diri karena alasan sakit atau lebih sering karena peraturan terkait umur layak pensiun.

Disisi lain, sebagian orang merasakan tingkat kesehatan tubuh yang menurun drastis saat mendekati masa pensiun. Hal ini menjadi konsekuensi yang harus diterima. Oleh karena itu menjelang masa pensiun, kamu harus sudah mempersiapkan diri baik secara finansial maupun kesehatan. Kamu bisa mengambil langkah-langkah kecil seperti olahraga dan menabung untuk mempersiapkan diri.

Dilansir berbagai sumber, berikut beberapa tips untuk mempersiapkan diri menjalang masa pensiun.

1. Olahraga

Olahraga setiap hari membantu kamu tetap kuat dan sehat menjelang masa pensiun. Ini akan menurunkan risiko obesitas, penyakit jantung, stroke, diabetes dan bahkan kanker.
Tetap aktif juga dapat meningkatkan harga diri, meningkatkan kualitas tidur dan memberi Anda lebih banyak energi.

2. Pola Makan yang Sehat

Memiliki pola makan seimbang sangat penting untuk kesehatan, energi dan mencegah penyakit. Pola makan yang ideal harus rendah lemak jenuh, banyak buah dan sayuran, biji-bijian, ikan berminyak dan sedikit produk susu rendah lemak dan daging tanpa lemak.
Jangan lupa perbanyak minum air putih agar terhindar dari dehidrasi yang bisa membuat kamu merasa lelah dan kebingungan.
Jika minum alkohol, hindari minuman keras setidaknya dua hari dalam seminggu untuk memberikan waktu bagi hati pulih dari efek racun alkohol dan jangan melebihi batas harian yang disarankan untuk konsumsi alkohol

3. Berinteraksi dan Mengunjungi Tempat Baru

Dengan berinteraksi dan mengunjungi tempat baru, kami bisa menambah relasi dan menambah wawasan. Hal ini akan membantu kamu memikirkan kegiatan produktif apa yang nanti bisa kamu lakukan saat pensiun agar tetap aktif.

4. Rawat Kesehatan Gigi dan Tulang

Gigi dan tulang yang sehat dapat menjamin kamu bisa menikmati masa pensiun dengan lebih leluasa mencicipi makanan dan berpergian ke tempat yang inginkan untuk refreshing.

5. Tabung dan Bangun Investasi

Menjelang masa pensiun, perlahan kamu bisa menyisihkan gaji untuk menabung di masa tua dan untuk berinvestasi. Dengan hal ini kamu bisa menikmati kerja keras selama masa muda untuk berbelanja ataupun menginvestasikannya pasa barang-barang bernilai seperti perhiasan dan rumah. Ketahuilah bahwa kekuatan finansial bisa sangat mempengaruhi tingkat kesehatan mental dimasa tua. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro