Ilustrasi perempuan berhenti mengejar pria yang disukai dan move on/PinkVilla
Relationship

Ini 13 Cara-Cara Move On dari Hubungan Masa Lalu

Redaksi
Selasa, 19 September 2023 - 21:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Beralih dari hubungan masa lalu adalah proses yang tidak mudah dan membutuhkan waktu. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk move on, tetapi tidak ada cara yang benar atau salah. 

Setiap orang memiliki cara move on yang berbeda-beda, tergantung pada kepribadian dan kondisi masing-masing. Dilansir dari WikiHow, ini bisa menjadi sesuatu yang emosional, terlepas dari apakah Anda yang mengakhiri hubungan atau bukan.

Setelah semua emosi tersebut muncul, melepaskan masa lalu dapat membantu Anda bertumbuh, berhubungan dengan diri sendiri, dan bahkan membuka hati terhadap cinta baru. 

Cara-cara move on dari hubungan masa lalu:

1. Akui emosi

Akuilah emosi yang Anda alami. Beri diri Anda waktu untuk memproses perasaan apa pun yang terkait dengan masa lalu. Jika ingin menangis atau berteriak, itu tidak apa-apa.

Menerima emosi tanpa menghakimi akan memungkinkan Anda melanjutkan hidup dengan cara yang sehat. Perasaan sedih dan penolakan yang timbul karena berpisah dengan pasangan sebenarnya mengaktifkan area yang sama di otak Anda sebagai rasa sakit fisik, tetapi rasa sakit itu bersifat sementara.

2. Ingat hal baik dan buruknya

Meromantisasi pasangan masa lalu bisa membuat Anda sulit move on. Pikirkan kembali semua cinta dan pengalaman indah yang Anda alami bersama pasangan.

Pada saat yang sama, luangkan waktu sejenak untuk mengenali kekurangan mantan pasangan dan segala masalah, pertengkaran, dan kekesalan dalam hubungan Anda. Membandingkan hubungan masa lalu dengan hubungan saat ini membuat kita lebih mudah bersikap kritis terhadap calon pasangan baru.

3. Atasi kebencian apa pun

Coba untuk mulai melepaskan kebencian sehingga dapat membebaskan diri dan melanjutkan hidup. Daripada menyalahkan diri sendiri atau pasangan, pikirkan penyebab lebih luas yang mungkin menyebabkan putusnya hubungan Anda, misalnya luka akibat hubungan lama, kesehatan mental, atau keuangan. Lalu, pikirkan tentang hubungan dan peluang luar biasa yang Anda miliki saat ini dalam hidup Anda.

4.  Berusaha memaafkan dan melepaskan

Pengampunan memudahkan kita untuk move on dari emosi negatif. Meskipun normal untuk memikirkan kembali masa lalu, tetapi lebih sehat jika berkomitmen untuk mengubah pola pikir Anda. Gunakan pengampunan sebagai titik balik untuk kembali fokus pada diri sendiri dan apa yang Anda perlukan di masa depan, bukan pada apa yang ingin Anda ubah di masa lalu.

5. Ciptakan jarak

Beri jarak antara Anda dan mantan pasangan. Akan sulit untuk melepaskan ketika Anda melihat pengingat akan hubungan masa lalu. Usahakan untuk tidak menghubungi mantan Anda, baik di kehidupan nyata maupun di media sosial. 

6. Hubungi teman dan keluarga

Dukungan sosial dapat membantu melewati masa-masa sulit. Cobalah untuk terhubung dengan teman dan keluarga secara langsung dan bagikan perasaan Anda kepada mereka. Hubungi teman yang sudah lama tidak Anda ajak bicara. Anda juga dapat bergabung dengan organisasi komunitas atau klub lokal untuk mendapatkan teman baru dan membangun koneksi.

7. Prioritaskan kesehatan dan kesejahteraan diri

Ciptakan rutinitas baru untuk menjaga diri dan tubuh Anda. Saat melepaskan hubungan masa lalu, rutinitas yang sehat dapat menciptakan stabilitas, bahkan ketika sebagian besar hidup Anda terasa telah berubah. Mulailah dengan mengatur waktu tidur dan bangun setiap hari.

Kemudian, perkuat kebiasaan sehat dengan berolahraga selama 30 menit, mengonsumsi makanan sehat, dan menjaga kebersihan diri. Kemudian, Anda perlu memanjakan diri dengan perawatan, seperti spa atau sekadar menonton film favorit.

8. Lakukan minat Anda

Saat melupakan masa lalu, Anda memiliki peluang besar untuk berkembang. Gunakan waktu ini untuk menemukan kembali cara berpikir dan perasaan Anda tentang diri sendiri dan kemampuan Anda. Cobalah membuat daftar semua hal yang ingin Anda lakukan. Usahakan untuk melakukan hal-hal itu tiap hari, setidaknya satu hal.

9. Belajar dari masa lalu

Gunakan waktu ini untuk mempelajari apa yang Anda inginkan dan butuhkan dari hubungan di masa depan. Terlepas dari semua rasa sakit itu, masa lalu Anda masih dapat memberikan dampak positif dan berarti bagi masa depan.

10. Perlakukan diri sendiri dengan rasa sayang

Berhenti mengkritik diri sendiri dan fokuslah pada pernyataan positif dan penuh harapan. Waspadai pemikiran yang menggunakan kata-kata absolut seperti “tidak pernah” dan “selalu”. Demikian pula, berhati-hatilah terhadap pernyataan menyalahkan diri sendiri yang menggunakan kata-kata seperti “seharusnya” atau “harus”. 

11. Bersabarlah dengan hubungan baru

Luangkan waktu Anda untuk menyembuhkan dan menjalin hubungan baru. Namun, Anda tidak perlu terburu-buru. Luangkan waktu untuk memproses emosi dan terhubung dengan diri sendiri sebelum mulai berkencan lagi. Dengan berfokus pada apa yang membuat bahagia dan menemukan kembali bagian diri yang mungkin hilang di masa lalu, Anda dapat membentuk hubungan yang lebih otentik di masa depan.

12. Terbuka terhadap kesempatan

Ada lebih dari satu orang di luar sana untukmu. Oleh karena itu, Anda tidak perlu takut untuk terbuka terhadap kesempatan menjalin cinta yang baru. Faktanya, menjalin hubungan baru setelah meluangkan waktu untuk memperbaiki diri dapat membantu Anda melanjutkan hidup. 


13. Lakukan konseling dengan profesional

Setiap orang membutuhkan bantuan ekstra dari waktu ke waktu. Jika perasaan Anda tentang masa lalu mulai mengganggu kehidupan sehari-hari, itu bisa menjadi tanda depresi atau kecemasan. Seorang ahli kesehatan mental juga dapat membantu Anda mengatasi PTSD, trauma, dan masalah kepercayaan, terutama jika baru saja keluar dari hubungan yang beracun. (Salma Permata Dewi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro