Logo aplikasi media sosial TikTok yang dikelola oleh ByteDance./Bloomberg-Brent Lewin
Entertainment

Daftar Public Figur yang Turun Gunung Jualan di TikTok Shop, Raup Pendapatan hingga Rp45 Miliar Sekali Live

Hesti Puji Lestari
Jumat, 22 September 2023 - 04:30
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Berikut adalah daftar artis yang turun gunung jualan di TikTok Shop. Tiga di antaranya bahkan berhasil memecahkan rekor penjualan di marketplace ini.

Tak dapat dipungkiri bahwa banyaknya artis yang turun gunung jualan di TikTok Shop menjadi polemik tersendiri.

Banyak pegadang offline yang meminta bantuan kepada pemerintah untuk menon-aktifkan TikTok Shop lantaran membuat pendapatan mereka menurun.

Menurut mereka, saat ini orang lebih suka berbelanja di TikTok Shop ketimbang membeli di pedangan langsung.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM), Teten Masduki menegaskan bahwa dirinya tidak bisa menutup TikTok Shop karena bukan wewenangnya.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya desakan untuk menutup TikTok Shop datang dari para pedagang pakaian di Pasar Tanah Abang, yang menganggap keberadaan TikTok Shop telah menggerus bisnis mereka di pasar fisik.

"Ada yang tafsirkan saya mau nutup TikTok. Mana bisa Menteri Koperasi Tutup TikTok," ujar Teten di Smesco, Kamis (21/9/2023).

Menurut Menteri Teten, masalah izin TikTok berada di bawah kewenangan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Kementerian Perdagangan dan Kementerian Investasi. 

Di media sosial, beberapa pelaku UMKM mengeluhkan artis-artis yang berjualan di TikTok. Apalagi, pendapatan para artis ini sangatlah luar biasa.

Tiga di antaranya bahkan berhasil memecahkan rekor penjualan di TikTok Shop hanya dalam sekali live TikTok. 

Artis yang jualan di TikTok:

Baru-baru ini, dr. Richard mencetak rekor sebagai salah satu konten kreator teratas di Asia Tenggara yang sukses mendapatkan penjualan senilai Rp41 miliar dalam sesi live shopping selama 23 jam tanpa henti.

Namun yang perlu digaris bawahi, dr. Richard Lee menjual dagangannya sendiri. Yang dipermasalahkan oleh pelaku UMKM adalah artis-artis yang menjual beberapa produk yang juga dijual oleh pengusaha menengah.

Misalnya saja sembako, barang elektronik, dan banyak lainnya. Aktivitas ini diklaim membuat UMKM gigit jari.

Kemudian adapula Mami Louisse. Pada 29 Agustus 2023 Mami Louisse mencatat rekor penjualan senilai Rp45 miliar dalam satu hari di TikTok Shop.

Ia juga menjadi kreator pertama dengan jumlah pesanan terbanyak dalam satu sesi live shopping di Asia Tenggara, yakni 232.400 pesanan.

Kemudian ada juga Kisah Kohcun, Kreator Affiliate TikTok Shop yang Sukses Cetak Rekor Penjualan Hingga Rp21 Miliar.

Selain nama-nama di atas, artis Nagita Slavina dan Raffi Ahmad, Baim Won, Ruben Onsu, Natalie Holscher, Alice Norin, hingga Lesty Kejora juga banyak yang berjualan di TikTok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro