Telur rebus/diabetesfoundationorg
Health

Makanan yang Sebaiknya Tidak dikonsumsi dengan Telurl

Redaksi
Rabu, 27 September 2023 - 14:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Telur merupakan salah satu makanan yang paling digemari di seluruh dunia karena sumber protein, vitamin D, asam lemak omega-3, dan manfaat kesehatan lain yang terkandung di dalamnya.

Tidak hanya itu, telur juga sangat digemari karena proses mengolahnya yang cukup mudah, baik direbus, orak-arik, ataupun digoreng. Kebanyakan orang juga sering mengolah telur dengan berbagai tambahan bahan makanan lainnya.

Namun, ternyata ada beberapa makanan yang tidak baik jika dikonsumsi bersamaan dengan telur. Kombinasi makanan yang salah ini nantinya dapat membahayakan tubuh Anda.

Melansir beberapa sumber, Rabu (27/9/2023), berikut adalah beberapa makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan telur.

1. Produk olahan susu

Telur tidak boleh dikonsumsi dengan produk susu seperti susu, curd, buttermilk, dan keju. Kombinasi telur dengan bahan-bahan ini dapat membahayakan kesehatan.

2. Susu kedelai

Telur sebaiknya dimakan bersamaan dengan susu kedelai. Walaupun susu kedelai adalah salah satu sumber protein nabati terbaik, tetapi jika mengonsumsi kedua makanan ini secara bersamaan, jumlah protein dalam tubuh akan meningkat dengan cepat dan dapat menghambat penyerapannya.

3. Teh

Banyak orang yang suka makan telur atau omelet dengan teh untuk sarapan. Kombinasi makanan ini pada kenyataannya dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti sembelit, gas dan keasaman.

Menurut sebuah penelitian oleh Journal of Nutrition, minum teh dengan telur dapat mengurangi jumlah protein yang kita serap sebesar 17 persen.

4. Gula

Makanan lain yang harus Anda hindari untuk dikonsumsi bersama telur adalah gula. Ketika dikonsumsi bersamaan, asam amino yang dilepaskan dari keduanya dapat menjadi racun bagi tubuh manusia. Hal ini juga dapat membentuk gumpalan di dalam darah.

5. Pisang

Mengonsumsi telur dan pisang secara bersamaan dapat berbahaya bagi tubuh. Kombinasi makanan ini membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.

Oleh karena itu, Anda bisa menikmati kedua makanan ini secara terpisah sebagai bagian dari pola makan yang sehat.

6. Daging

Mengonsumsi telur dan daging secara bersamaan dapat menyebabkan kesulitan dalam pencernaan karena jumlah lemak dan protein yang dikonsumsi. Hal ini juga dapat membuat Anda merasa lelah dan lesu. (Ernestina Jesscia Toji)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro