Brokoli merupakan makanan yang baik untuk mata
Health

Selain Wortel, Ini Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata

Redaksi
Rabu, 27 September 2023 - 19:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hampir setiap orang pernah melakukan berbagai cara untuk menjaga kesehatan mata, salah satunya dengan mengkonsumsi wortel. Namun, ternyata tidak hanya wortel yang baik untuk kesehatan mata.

Sebagian orang menganggap mata sebagai salah satu indra paling penting yang harus dijaga. Bagi kamu yang memiliki mata yang sehat, mungkin menganggap remeh hal ini. Namun perlu diketahui mata bisa mengalami penurunan pengelihatan karena faktor usia.

Untuk itu, penting menjaga kesehatan mata dari sekarang sebelum terlambat. Menjaga kesehatan mata dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kebutaan atau gangguan penglihatan sekaligus terhindar dari penyakit mata yang berkembang, seperti katarak, glaukoma, atau retinopati diabetik.

Mengutip realsimple.com pada Rabu (27/09/2023) salah satu cara menjaga kesehatan mata adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung Lutein dan zeaxanthin, Vitamin C, Vitamin E, Seng, Asam lemak omega-3, dan antioksidan tinggi.

Berikut adalah makanan yang baik untuk kesehatan mata:

1. Ikan Salmon

Ikan Salmon adalah salah satu jenis ikan yang kaya akan kandungan asam lemak omega-3 yang dikenal sebagai asam docosahexaenoic (DHA) dan asam eicosapentaenoic (EPA). Asam lemak omega-3 ini sangat baik untuk kesehatan mata.

Selain asam lemak omega-3, salmon juga mengandung vitamin A dan juga Seng yang baik untuk mata.

Mengkonsumsi ikan salmon sangat direkomendasikan untuk ibu hamil karena dapat membantu meningkatkan kesehatan mata bayinya.

2. Brokoli

Brokoli kaya akan vitamin C, antioksidan yang mengurangi stres oksidatif pada mata dan membantu mencegah katarak, menurut penelitian .

Satu mangkok brokoli mentah dapat mengandung 81,2 miligram (mg) vitamin C, yaitu sekitar 90 persen dari nilai harian untuk pria dan lebih dari 100 persen untuk wanita. Selain itu, kandungan antioksidannya dapat membantu mencegah degenerasi makula terkait usia.

3. Ubi Jalar

Wortel kaya akan beta-karoten, pigmen yang memberi warna cerah pada sayuran oranye namun, faktanya ubi jalar mengandung lebih banyak pigmen bermanfaat tersebut. Satu porsi wortel rebus menyediakan 8,3 mg beta-karoten, sedangkan porsi yang sama dari ubi bakar mengandung 11,5 mg nutrisi.

Untuk mempertahankan nutrisinya, proses memasak ubi jalar harus dengan kulitnya.

4. Kacang Kenari

Kacang adalah makanan yang sangat baik untuk kesehatan mata dan penglihatan karena kaya akan nutrisi seperti vitamin E, zinc, dan asam lemak omega-3.

Selain itu, kacang juga mengandung Vitamin E dan polifenol yang membantu mengurangi peradangan dan melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas.

5. Kuning Telur

Kuning telur adalah sumber jenis karotenoid yang dikenal sebagai lutein. Lutein telah terbukti mengurangi penyakit makula terkait usia.

Sebagai salah satu nutrisi terbaik untuk kesehatan mata, manfaat lutein tidak berhenti sampai disitu saja. Baik lutein dan zeaxanthin, karotenoid lain yang ditemukan dalam telur, dapat memperbaiki pigmen makula yang rendah pada orang dewasa yang lebih tua.

Ini merupakan salah satu faktor risiko degenerasi makula terkait usia, yang menyebabkan hilangnya penglihatan secara bertahap dan terkadang total seiring berjalannya waktu. (Ernestina Jessica Toji)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro