Ilustrasi/Wndu
Health

Tanda-tanda Sakit Liver di Wajah Anda, Mata Kuning Salah Satunya

Mia Chitra Dinisari
Senin, 25 September 2023 - 14:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penyakit liver adalah suatu kondisi umum yang disebabkan oleh penyimpanan lemak ekstra di hati.

Penelitian yang dipresentasikan pada pertemuan Masyarakat Endokrin di Chicago awal tahun ini memperingatkan bahwa lebih dari satu dari tiga orang dewasa hidup dengan kelainan hati yang selanjutnya dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular, kanker, atau diabetes tipe 2.

Penyakit hati berlemak non-alkohol (NAFLD) dapat dipicu oleh obesitas, gula darah tinggi, dan tingginya kadar lemak dalam darah. Kondisi tersebut seringkali terjadi akibat pilihan gaya hidup yang buruk.

Penyakit liber tidak selalu menunjukkan gejala pada tahap awal dan tanda-tandanya bisa muncul begitu hati mulai rusak.

Mewaspadai gejala yang mungkin muncul sangatlah penting karena deteksi dini dapat menghentikan perkembangan kondisi hati Anda menjadi jaringan parut dan kegagalan hati.

Berikut lima tanda peringatan penyakit hati berlemak yang bisa terlihat di wajah:

  1. Kulit kuning dan mata kuning (penyakit kuning)
  2. Kulit merah
  3. Urat benang kecil
  4. Rosacea (benjolan merah berisi nanah di wajah)
  5. Wajah seperti lilin

Menurut pakar kesehatan, gejala-gejala ini muncul ketika fungsi hati Anda mulai menurun dan merupakan tanda bahwa tubuh Anda sedang berusaha membersihkan berbagai jenis limbah.

Ketika hati tidak lagi berfungsi dengan baik, bilirubin (pigmen empedu berwarna kuning kecoklatan) tidak akan dilepaskan dengan baik. Peningkatan kadar bilirubin dalam tubuh dapat menyebabkan kulit dan mata menguning atau dikenal dengan penyakit kuning.

Jika Anda mengalami gejala yang berhubungan dengan kesehatan hati yang buruk, penting untuk berkonsultasi dengan dokter Anda.

Menurut pakar kesehatan, gejala pada mata ditemukan pada penyakit liver stadium lanjut. Sangat penting untuk mencari nasihat medis jika Anda menemukannya. Jangan mendiagnosis diri sendiri dan tunggu diagnosis yang tepat dari dokter Anda.

Cara menjaga kesehatan liver saya​

Mengikuti pola makan yang sehat dan mengurangi atau menghentikan asupan alkohol adalah langkah penting untuk membantu menjaga hati Anda tetap sehat dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Menurut John Hopkins Medicine, hanya empat ons minuman keras sehari untuk pria (dua ons untuk wanita) dapat merusak hati Anda. Olahraga teratur juga penting karena obesitas dapat meningkatkan risiko NAFLD.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro