Central, Lima Peru
Kuliner

10 Restoran Terbaik di Dunia Tahun 2023

Redaksi
Rabu, 27 September 2023 - 16:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Bukan hanya sebagai tempat makan, dengan sajian khas yang dimiliki, restoran sering kali memiliki daya pikat sebagai wisata kuliner.

Beberapa restoran juga dinobatkan sebagai restoran terbaik di dunia didasari atas beberapa hal seperti dari kualitas rasa makanan yang disajikan, layanan yang diberikan, tempat atau fasilitas yang disediakan, hingga dari segi keunikannya.

Berikut adalah 10 restoran terbaik di dunia tahun 2023 menurut daftar World of Statistics.

1. Central – Lima, Peru

Virgilio Martinez mendirikan Central pada tahun 2008 dan Pia Leon bergabung dengannya satu tahun kemudian dengan misi menciptakan pengalaman bersantap mewah yang berakar pada bahan-bahan dan teknik memasak khas Peru.

Pada tahun 2018, mereka memindahkan Central ke gedung yang luas di Lima, di mana pengunjung dapat menikmati perjalanan melalui 15 ekosistem Peru yang berbeda, yang dikategorikan berdasarkan ketinggian. Mulai dari 15 meter di bawah Samudra Pasifik hingga 4.200 meter di atas Andes.

Setiap hidangan pada menu mencerminkan asal bahan makanannya, mulai dari Dry Valley (udang, labu loche, alpukat) hingga Amazonian Water (ikan pacu, semangka, dan daun koka).

2. Disfrutar – Barcelona

Kreasi kolektif Chef Oriol Castro, Eduard Xatruch, dan Mateu Casanas menghasilkan makanan yang mengejutkan sekaligus lezat, menggunakan teknik modern dan bahan-bahan murni, sehingga menghasilkan salah satu pengalaman kuliner paling imersif di dunia.

3. DiverXO – Madrid

12 hidangan yang disajikan oleh Chef Dabiz Munoz adalah bukti nyata dari kegemarannya mendorong batas-batas gastronomi.

Tapas XO gurita bayi panggang dengan sari jamon mengawali perjalanan teatrikal kreasi chef Spanyol ini, yang dapat diakhiri dengan sentuhan manis mochi bonbons dengan dulce de leche dan jeruk nipis khas Thailand.

4. Asador Etxebarri – Atxondo

Terletak di sebuah desa Basque yang dikelilingi oleh pegunungan dan tanaman hijau di suatu tempat antara Bilbao dan San Sebastian, Asador Etxebarri adalah restoran tujuan sejati di mana bahan makanan adalah raja dan proses memasaknya dipimpin oleh pemanggang.

Semuanya disajikan oleh koki sekaligus pemilik Victor Arguinzoniz. Mulai dari ikan teri di atas roti panggang hingga es krim susu dengan bit.

5. Alchemist – Copenhagen

Saat mengunjungi Alchemist, bersiaplah untuk sebuah pengalaman yang berbeda dari restoran lainnya. Pengalaman teatrikal ini terbagi dalam beberapa 'babak' yang membawa para tamu melewati berbagai lokasi, jenis seni, dan keahlian yang luar biasa, dipandu oleh kepala koki dan dalang Rasmus Munk.

Makanan di sini lebih dari sekadar makanan, dan inilah alasan mengapa tempat ini dianugerahi Gin Mare Art of Hospitality Award 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro