Cabe rawit/
Health

8 Rempah-rempah yang Penting Untuk Kesehatan Jantung, Ada Cabe Rawit

Redaksi
Minggu, 1 Oktober 2023 - 12:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Bukan hanya menambah kenikmatan pada masakan, rempah-rempah ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh salah satunya kesehatan jantung.

Dikutip Huffpost (1/1/2023) menurut Michelle Routhenstein , ahli diet kardiologi preventif, Rempah-rempah dapat menambahkan beberapa senyawa antioksidan yang dapat menurunkan peradangan dan berdampak positif pada kesehatan jantung.

Antioksidan yang tinggi melawan radikal bebas yang dapat merusak tubuh. Khususnya untuk kesehatan jantung, antioksidan membantu mengurangi dampak peningkatan kadar kolesterol.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut daftar rempah yang penting untuk kesehatan jantung

1. Bawang putih

Allicin, senyawa aktif dalam bawang putih telah terbukti menghambat enzim yang terlibat dalam sintesis lipid, menurunkan agregasi trombosit, mencegah peroksidasi lipid dari eritrosit teroksidasi dan LDL, meningkatkan status antioksidan dan menghambat enzim pengubah angiotensin.

2. Kunyit

Kunyit untuk penyakit jantung meningkatkan fungsi endotel, lapisan pembuluh darah. Kurkumin dapat membantu mengurangi peradangan dan oksidasi yang berperan dalam penyakit jantung.

3. Lada Hitam

Membantu pemulihan fungsional jantung pada infark miokard atau serangan jantung dan hipertrofi akibat kelebihan tekanan.

4. Kayu Manis

Komponen aktif cinnamaldehyde dan asam sinamat dikatakan sebagai pelindung jantung karena kemampuannya memproduksi oksida nitrat serta sifat anti-inflamasi yang terkait.

5. Ketumbar

Biji ketumbar memiliki tindakan hipolipidemik yang luar biasa (mengacu pada kemampuan menurunkan kadar lipid dalam aliran darah, khususnya kolesterol dan trigliserida.) Kadar kolesterol LDL yang tinggi merupakan faktor risiko yang signifikan terhadap penyakit jantung.

6. Jahe

Dapat diparut dalam teh herbal dan dikonsumsi sekali atau dua kali sehari. Bubuk jahe kering bisa diminum dengan madu di pagi hari atau bisa direbus dalam air dan dikonsumsi sepanjang hari.

7. Cabai rawit

Membantu mencegah penggumpalan darah pada arteri dan darah, membersihkan jalan arteri yang membantu pencegahan serangan jantung.
Cabai rawit mengandung capsaicin yang tinggi, yang juga merupakan bahan aktif dalam semprotan merica.

8. Kakao

Dapat mengurangi risiko serangan jantung atau stroke dengan mencegah pembentukan bekuan darah yang dapat menyebabkan stroke atau gagal jantung. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro