Ilustrasi wanita gelisah/Freepik.com
Health

Ciri-ciri dan Bahasa Tubuh Orang Sedang Berbohong

Redaksi
Minggu, 1 Oktober 2023 - 12:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Jika kamu menguasai bahasa tubuh, kamu bisa memahami apa yang dirasakan seseorang didepan kamu, bahkan jika orang tersebut menyembunyikan sesuatu.

Dikutip Verywell mind (1/10/2023) Bahasa tubuh mengacu pada sinyal nonverbal yang kita gunakan untuk berkomunikasi. Sinyal nonverbal ini merupakan bagian besar dari komunikasi sehari-hari yang faktanya, bahasa tubuh mencakup 60% hingga 65% dari seluruh komunikasi.

Ekspresi wajah, gerak tubuh dan tatapan mata sering kali diidentifikasi sebagai tiga jenis bahasa tubuh utama.

Memahami bahasa tubuh memang penting, tetapi penting juga untuk memperhatikan isyarat lain seperti konteks.

Dalam beberapa peristiwa, bahasa tubuh yang diberikan lawan bicara kamu bisa saja menyimpan sesuatu.

Simak bahasa tubuh yang menandakan seseorang menyembunyikan sesuatu, sebagai berikut :

1. Kegugupan

Gugup adalah tanda klasik berbohong atau menyembunyikan sesuatu.
Contohnya meliputi:
• Berulang kali membersihkan tenggorokan atau hidung
• Batuk dan bernafas aneh
• Mengetuk jari tangan atau kaki dengan cepat
• Menggelengkan atau menganggukkan kepala dengan aneh
• Mendecakkan lidah atau sering menarik dan mengacak-acak rambut
• Menyesuaikan perhiasan dan aksesori
Tentu saja, semua ini juga bisa menjadi tanda-tanda kecemasan dan tidak selalu berarti seseorang menyembunyikan sesuatu. Namun jika kamu mencurigai seseorang tidak mengatakan yang sebenarnya kepada kamu, tanda-tanda ini setidaknya dapat menjadi sebagian bukti dari hal tersebut.

2. Banyak Menggaruk

Ini adalah tanda klasik dari kegelisahan dan potensi ketidakjujuran. Pembohong dan orang yang pandai bicara sering kali dapat membicarakan permainan yang baik secara verbal dan mengatakan semua hal yang benar, bahkan tersenyum dan memiliki postur tubuh yang baik serta bahasa tubuh lainnya.

3. Menyembunyikan Tangan

Terkadang mereka yang menyembunyikan sesuatu mencoba menyembunyikan bahasa tubuh gugup mereka.
Hal ini menjadi usaha menghentikannya agar tidak gemetar atau bergerak secara kejang.
Menyembunyikan tangan bisa menjadi tanda ancaman tersembunyi atau ketidakjujuran pada tingkat naluri. Selain mengalami gangguan sistem saraf pusat atau otot atau serangan kecemasan, ini biasanya merupakan tanda bahwa mereka tidak sepenuhnya jujur atau sangat stres dengan apa pun yang terjadi.

4. Telapak Tangan Berkeringat

Jika dia merasa lembap dan berkeringat, itu tanda lain dari kecemasan dan berpotensi menyembunyikan sesuatu.
Jika kamu merasakan atau melihat telapak tangan seseorang berkilau dan berkeringat saat dia berbicara dengan kamu, ada kemungkinan dia tidak sepenuhnya sejajar dengan kamu.

5. Perilaku Berlebihan

Ketika seseorang banyak memberi isyarat, itu adalah tanda klasik bahwa mereka mungkin berusaha terlalu keras untuk meyakinkan kamu tentang sesuatu. Hal ini sering terjadi karena mereka menyembunyikan atau salah mengartikan sesuatu kepada kamu.

6. Selalu Menyesuaikan Pakaian

Jika seseorang memiliki pakaian yang sangat tidak pas, wajar jika mereka ingin menyesuaikannya sedikit. Namun bila terus-menerus dan agak aneh, biasanya itu pertanda gugup atau menyembunyikan sesuatu dari kamu.

7. Memeriksa Jam Setiap Waktu

Memeriksa jam tangan (atau ponsel) terus-menerus adalah taktik khas pembohong atau seseorang yang mengaburkan niat atau keinginannya.
Mereka mungkin mencoba memikirkan alasan untuk pergi secepat mungkin atau membuat kamu merasa bersalah karena menyita waktu mereka.

8. Banyak Menggeser Berat Badan

Hal ini juga dapat dilihat oleh seseorang yang sering berpindah-pindah saat berbicara dengan kamu.

9. Mata

Kurangnya kontak mata atau pandangan mata yang licik adalah tanda klasik bahwa seseorang berbohong atau menyembunyikan sesuatu.

Ketika seseorang tidak mau menatap mata atau melakukan hal itu tetapi matanya melayang ke mana-mana, mereka mungkin tidak aman dan cemas karena menyembunyikan sesuatu.

10. Berkedip Banyak atau Tidak Sama Sekali

Namun jika kamu berhadapan dengan seseorang yang tampak berkedip sangat sering dan cepat atau seseorang yang menatap kamu hampir secara tiba-tiba, ada kemungkinan dia kurang jujur.
Ketika aktivitas mata tidak biasa, biasanya hal ini memberi tahu kita banyak hal tentang kondisi mental.

11. Ekspresi Mikro yang Teduh

Mendeteksi ekspresi mikro adalah sesuatu yang telah dilatih dengan baik oleh para interogator, pengacara, agen intelijen dan psikolog forensik.
Ekspresi mikro adalah ekspresi wajah kecil yang dimiliki seseorang sebelum ekspresi pilihannya atau ekspresi sesungguhnya.

Misalnya, saat melihat seseorang, mulut seseorang mungkin meringis sebentar, namun kemudian dengan cepat (dan hampir tanpa disadari) berubah menjadi senyuman lebar.

12. Ekspresi Pucat

Orang yang menyembunyikan sesuatu sering kali memiliki ekspresi pucat dan sakit-sakitan serta memandang ke arah mereka. Terlepas dari warna kulit, mereka tampak agak lemah dan lembap. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro