Wabah kutu busuk serang Prancis
Health

Fakta-fakta Wabah Kutu Busuk di Prancis, Menyerang Jelang Olimpiade Musim Panas 2024

Redaksi
Selasa, 10 Oktober 2023 - 10:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Menjelang Olimpiade Musim Panas 2024, Paris mengalami wabah kutu busuk di rumah-rumah, hotel, teater, dan transportasi umum karena peningkatan jumlah wisatawan.

Menurut ANSES, badan kesehatan dan keselamatan Prancis, dua penyebab utama di balik berkembangnya kutu busuk baru-baru ini di Prancis, yaitu peningkatan pariwisata dan resistensi yang lebih besar terhadap insektisida.

Kutu busuk sendiri adalah serangga kecil, pipih, dan berwarna coklat kemerahan dengan panjang sekitar seperempat inci sebelum mereka makan. Mereka keluar pada malam hari dan biasanya bersembunyi di siang hari di bingkai tempat tidur, kasur, pegas kotak dan sandaran kepala, serta di celah-celah dinding, perabotan dan lantai.

Orang dapat tertular kutu busuk dengan bersentuhan dengan perabot dan area yang penuh dengan kutu busuk, atau hama ini dapat menempel pada dompet, tas, atau koper.

Dari manakah kutu busuk berasal?

Para ahli menekankan bahwa kebersihan tidak ada hubungannya dengan penyebaran kutu busuk. Sebaliknya, tingkat kesuburan kutu busuk yang tinggi berarti bahwa begitu mereka menemukan tempat untuk makan dan berkembang biak, mereka akan menyebar dengan cepat.

Melansir laman Forbes, Selasa (10/10/2023), berikut adalah fakta-fakta tentang wabah kutu busuk di prancis.

1. Kutu busuk ditemukan di berbagai hotel, rumah, Airbnb, dan apartemen sewaan lainnya di Paris selama musim panas, makhluk-makhluk itu kemudian terlihat di bioskop dan sekarang ada laporan bahwa kutu-kutu itu merayap di transportasi umum.
2. Menurut laporan dari Anses, Badan Kesehatan dan Keselamatan Pangan, Lingkungan, dan Kesehatan Kerja Prancis, lebih dari satu di antara 10 rumah di Prancis dihinggapi kutu busuk antara tahun 2017 dan 2022.
3. Menjelang Olimpiade Musim Panas 2024, wakil walikota Paris Emmanuel Grégoire meminta Perdana Menteri Elisabeth Borne untuk menyelenggarakan konferensi untuk mengatasi masalah ini, dengan mengatakan bahwa ini adalah "masalah kesehatan masyarakat."
4. Menteri Transportasi Prancis Clement Beaune mengatakan dalam sebuah posting di X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter) bahwa dia akan mengadakan pertemuan minggu ini untuk "mengambil tindakan lebih lanjut" untuk "meyakinkan dan melindungi" masyarakat dari makhluk-makhluk yang tidak diinginkan.
5. Seorang pengguna membagikan foto gigitan yang meradang, mengklaim bahwa dia mendapatkannya setelah menonton film di UGC Cinemas, dan menyatakan bahwa teater tersebut "penuh dengan kutu busuk."
6. Hal ini menyebabkan UGC Cinemas memposting surat permintaan maaf yang merinci prosedur tanggap darurat mereka.

Apakah kutu busuk dapat berdampak pada kesehatan?

Meskipun Anda tidak akan tertular penyakit dari kutu busuk, kutu busuk dapat menyebabkan reaksi yang signifikan pada orang-orang tertentu seperti gatal-gatal atau reaksi kulit lainnya.

Orang-orang yang mungkin lebih rentan terhadap reaksi dari gigitan kutu busuk termasuk anak-anak dan pasien kemoterapi.

Hal ini karena sistem kekebalan tubuh mereka tidak sekuat itu, sehingga dapat mengembangkan reaksi alergi terhadap kutu busuk.

Bagaimana cara menghindari kutu busuk?

Ada beberapa cara untuk menghindari kutu busuk. "Ketika orang-orang tiba di kamar hotel mereka, banyak yang meletakkan koper mereka langsung di atas tempat tidur dan mulai membongkar pakaian mereka," kata Martin Seeley, CEO MattressNextDay melansir laman CN Traveler, Selasa (10/10/2023).

"Namun, kami menyarankan untuk menjauhkan koper Anda dari tempat tidur karena di sinilah kutu busuk paling sering ditemukan." Sebagai gantinya, bongkar koper Anda menggunakan rak koper yang disediakan oleh hotel-hotel tertentu, atau simpan koper di dekat pintu.

Ingatlah untuk memisahkan pakaian kotor Anda, "penelitian menunjukkan bahwa kutu busuk lebih tertarik pada pakaian kotor daripada pakaian bersih. Jadi, pastikan Anda membawa tas cadangan untuk pakaian kotor Anda, dan ikatlah setiap kali Anda menambahkannya," kata Martin.

Selain itu, menurut Asosiasi Pengendalian Hama Inggris (BPCA), suhu ideal bagi kutu busuk dewasa untuk berkembang biak adalah antara 70-90°F, jadi sebaiknya jaga agar kamar Anda tetap sejuk di malam hari dengan pendingin ruangan.

Apakah aman untuk bepergian ke Paris selama wabah kutu busuk?

Paris adalah kota besar, dan meskipun infestasi dilaporkan secara luas, namun tidak terjadi di semua tempat. Anda dapat memeriksa dengan hotel atau properti Anda sebelum kedatangan untuk memastikan bahwa mereka tidak sedang mengalami wabah, dan tanyakan tindakan apa yang dilakukan untuk membantu para tamu.

Tidak ada panduan di situs web pemerintah AS yang menunjukkan bahwa bepergian ke Paris saat ini tidak aman. (Kresensia Kinanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro