Swiss menjadi negara terindah dan juga termahal untuk dikunjungi
Travel

Wajib Dikunjungi, Ini 10 Negara Dengan Kondisi Udara Terbersih di Dunia

Redaksi
Sabtu, 14 Oktober 2023 - 12:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi kamu yang ingin berlibur keluar negeri tapi tidak ingin terpapar polusi udara, 10 negara dengan kondisi udara terbersih ini bisa kamu kunjungi. 

Seperti yang kita ketahui, saat ini Indonesia sedang dilanda polusi yang cukup parah. Walaupun polusi udara hanya berada di daerah ibu kota, polusi udara membawa dampak yang cukup buruk dan memasukkan Indonesia ke dalam daftar negara dengan udara terkotor.

Polusi udara disebabkan oleh berbagai hal seperti asap kendaraan, asap pabrik, pembakaran sampah, hingga faktor lain. Polusi udara bisa diatasi dengan membatasi faktor-faktor tersebut dan juga penghijauan. 

Simak negara yang mengatasi polusi udara dan masuk ke dalam daftar negara dengan udara terbersih di dunia: 

1. Reykjavik, Islandia

Meskipun merupakan kota terbesar di Islandia dan tempat berkumpulnya segala jenis aktivitas, Reyjavik tetap menjadi salah satu kota teraman di negara ini untuk menarik napas dalam-dalam tanpa khawatir paru-paru akan terkontaminasi polusi.

Reykjavik juga merupakan salah satu kota terbersih dan terhijau di dunia, menjadikannya pusat pariwisata global. Jika seseorang mencari kota yang santai dan indah dengan kualitas udara yang luar biasa dan baik, Reykjavik adalah tempatnya.

2. Wina, Austria

Wina adalah salah satu negara terpadat di Uni Eropa, menampung hampir setengah dari seluruh penduduk negara tersebut, tetapi hal ini tidak menghentikannya menjadi salah satu kota dengan udara terbersih di dunia. 

Kota ini masih memiliki indeks kualitas udara yang mengesankan, yang dianggap cukup aman bagi penduduk lokal dan wisatawan.

Selain menjadi salah satu kota dengan udara terbersih di dunia, Wina juga terkenal dengan banyak hal menakjubkan lainnya. Ia juga dikenal sebagai salah satu ibu kota terindah di dunia, kota dengan pasar Natal terbesar di dunia, dan kota musik/ kota terindah di Eropa.

3. Helsinki, Finlandia

Ibu kota Finlandia dan kota terpadat penduduknya juga merupakan pusat sosial, budaya, dan politik negara tersebut. Namun, udara di Helsinki bersih, dapat bernapas, dan dianggap sebagai salah satu yang paling aman di dunia bagi manusia.

Kualitas udara ini salah satunya disebabkan oleh banyaknya hutan yang mengelilingi negara ini. Helsinki juga merupakan salah satu kota paling layak huni di dunia. Tentu saja, kualitas udara memainkan peran utama dalam peringkat kelayakan hidup ini karena polusi udara membuat sebagian besar kota menjadi tidak aman atau tidak layak huni.

4. Zurich, Swiss

Zurich adalah kota yang indah di sisi utara Danau Zurich, Swiss, dan merupakan kota terbesar di negara tersebut. Kota ini, selain keindahannya yang menakjubkan, merupakan pusat keuangan utama di jantung Eropa dan kota paling terkenal di Swiss.

Kualitas udara di sini sebersih keindahan kotanya, dan Zurich telah masuk dalam daftar kota dengan udara terbersih di dunia selama beberapa dekade. Meskipun wisatawan berbondong-bondong datang untuk menyaksikan keanggunan kota ini, kualitas udara adalah hal yang paling penting dalam pengalaman mereka.

5. Gothenburg, Swedia 

Gothenburg adalah kota terbesar kedua di Swedia, terletak di pantai baratnya. Kota ini memiliki kepadatan penduduk yang rendah, sehingga membantu menjaga udara tetap murni dan aman untuk bernafas.

Faktor lain, seperti udara dari Pantai Barat, banyaknya taman dan kebun, pepohonan di jalan raya, dan undang-undang lingkungan hidup, membantu menjaga kualitas udara di Gothenburg lebih bersih dan aman.

6. Den Haag, Belanda 

Den Haag di Belanda adalah salah satu kota paling terkenal di dunia sebagai tuan rumah Pengadilan Kriminal Internasional dan Mahkamah Internasional. Kedua pengadilan internasional ini menarik beberapa pengunjung ke Den Haag setiap tahunnya dari seluruh dunia, tetapi tetap saja, udaranya tetap bersih.

Hal ini sebagian disebabkan oleh udara laut karena kota ini terletak di pantai barat Belanda yang menghadap ke Laut Utara. Selain itu, terdapat undang-undang Belanda yang ketat yang membatasi emisi zat berbahaya dan mencegah manusia terpapar polusi jangka panjang.

7. Tallinn, Estonia 

Tallinn adalah kota yang tenang dan menawan yang terletak di teluk indah di pantai Teluk Finlandia, di utara Estonia. 

Meski berpenduduk kurang dari 500.000 jiwa, kota ini masih menjadi kota terpadat di Estonia. Dengan adanya teluk di sekitarnya, pusat industri yang lebih sedikit, dan pepohonan, tidak mengherankan jika kualitas udara disini sangat bersih.

Sesampainya di Tallinn, pengunjung dapat menikmati salah satu udara paling murni, belum terjamah oleh polutan dan industrialisasi.

8. Victoria, Kanada 

Di titik paling selatan Pulau Vancouver, di lepas pantai Pasifik Kanada, terdapat kota Victoria, ibu kota provinsi British Columbia. Dijuluki "Kota Taman", Victoria terdiri dari banyak taman, pepohonan, dan kebun, menjadikannya tujuan wisata populer di Kanada.

Penduduk dan wisatawan kota yang indah ini menikmati kualitas udara yang lebih baik dan termasuk dalam peringkat indeks kualitas udara yang aman. Warganya tidak memerlukan masker untuk melindungi diri dari polusi udara beracun karena atmosfer kota ini relatif tidak ternoda.

9. Stockholm, Swedia 

Stockholm adalah ibu kota Swedia dan salah satu kota paling menakjubkan di Uni Eropa, terkenal dengan banyaknya jembatan dan lanskapnya. Kota ini terdiri dari 14 pulau, menjadikannya ibu kota tepi laut.

Namun, ada satu hal yang belum menonjol dari ibu kota Swedia ini. Kualitas udaralah yang menjadi daya tarik utama bagi pengunjung yang sadar lingkungan. Kota ini memiliki indeks kualitas udara yang baik, yang disebut aman untuk bernapas, walaupun menjadi kota terpadat di Swedia.

10. Oslo, Norwegia 

Oslo adalah ibu kota Norwegia dan kota terpadat di negara itu. Ini adalah kota yang tenang untuk bisnis dan relaksasi dan memiliki populasi yang moderat. Kota ini juga merupakan tujuan maritim global, yang menampung beberapa perusahaan maritim terkemuka dunia.

Udara di Oslo segar dan bersih, dengan indeks kualitas udara sedang, menjadikannya salah satu kota paling layak huni di dunia. Norwegia umumnya memiliki udara bersih, dan ini juga berkontribusi terhadap visibilitas yang menakjubkan, sehingga memudahkan untuk melihat tempat-tempat terindahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro