Soda kue bermanfaat bagi kulit wajah, untuk menghilangkan jerawat/The Guardian Nigeria
Health

Soda Kue Bisa Hilangkan Jerawat, Apa Efek Sampingnya?

Redaksi
Rabu, 18 Oktober 2023 - 18:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Masalah jerawat diwajah bagi beberapa orang merupakan suatu masalah yang harus segera diatasi. Beberapa orang mencoba melakukan perawatan wajah hingga mengatasinya dengan memanfaatkan soda kue

Internet saat ini penuh dengan perawatan wajah DIY untuk mengatasi berbagai masalah kulit wajah salah satunya jerawat. Pemanfaatan bahan rumahan mulai dari Visine, pasta gigi, soda kue, hingga aspirin bayi diklaim mampu mengatasi masalah kulit wajah. 

Soda kue menjadi salah satu bahan yang paling disarankan dan dimanfaatkan untuk mengobati masalah jerawat. Hal Ini memang terdengar seperti solusi yang cukup bagus karena harganya murah dan  mungkin sudah tersedia di dapur.

Namun, apakah soda kue mampu memberikan manfaat penyembuhan untuk jerawat? 

Soda kue memiliki sifat anti-inflamasi dan antiseptik. Lesi jerawat seringkali dipicu oleh adanya bakteri yang memakan sebum dan mengeluarkan efek samping seperti peradangan. Soda kue dapat membantu mengurangi jerawat dan mengurangi peradangan, yang pada dasarnya 'mengeringkan' jerawat yang berair dan berwarna merah muda. 

Soda kue juga memiliki pH yang sangat basa. Dalam beberapa kasus, kulit yang rentan berjerawat bisa jadi terlalu asam, jadi penggunaan produk yang bersifat basa sesekali dapat membantu menyeimbangkan kembali kulit.

Kulit secara alami bersifat asam, dan itu penting agar kulit dapat berfungsi dengan baik. Namun, menggunakan soda kue yang sangat basa mungkin kadang-kadang bermanfaat, tetapi jika terus-menerus dapat menyebabkan iritasi dan kekeringan. 

Pemanfaatan soda kue secara terus menerus juga akan menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif dan menyebabkan pelindung kulit tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan soda kue secukupnya sesuai kebutuhan dan tidak dilakukan secara terus-menerus. 

Anda sebaiknya mempertimbangkan untuk menggunakan soda kue jika kulit wajah kamu benar-benar berminyak dan rawan berjerawat. Jika kulit kamu adalah tipikal kulit kering maka jangan pernah mencoba memanfaatkan soda kue. 

Perlu diperhatikan juga jika menggunakan soda kue sebagai pengobatan, pastikan menggunakannya hanya pada jerawat tertentu dan tidak digunakan sebagai masker wajah menyeluruh. 

Kamu bisa menggunakan soda kue dengan cara campurkan sekitar setengah sendok teh soda kue dengan air secukupnya hingga menjadi pasta, lalu oleskan pada jerawat kemudian diamkan selama 10 menit, lalu bilas. 

Namun akan lebih baik jika kamu menggunakan bahan-bahan penyembuhan jerawat yang terbukti dan teruji secara klinis seperti asam salisilat, benzoil peroksida, retinoid yang terkandung dalam produk skincare. Ini adalah cara yang jauh lebih baik untuk membantu membersihkan kulit yang lebih komprehensif, aman, dan efektif. (Ernestina Jesica Toji)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro