Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (kiri) berjabat tangan dengan bakal calon wakil presiden Mahfud MD (kanan) saat pengumuman bakal calon wakil presiden pada Pilpres 2024 di kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (18/10/2023). Mahfud MD secara resmi ditunjuk sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.
Fashion

Ini Makna Batik yang Dipakai Mahfud MD Saat Deklarasi

Redaksi
Kamis, 19 Oktober 2023 - 11:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Menghadiri deklarasi Capres-cawapres 2024, Pasangan Ganjar Pranowo di pilpres 2024 tersebut kenakan batik Kalimantan. 

Mahfud MD dengan gagah mengenakan kameja lengan panjang berwarna hijau dengan motif batik yang mengandung berbagai warna yakni hijau, merah, kuning, ungu, biru dan orange.

Tentunya penampilan Mahfud dengan batik tersebut menjadi sorotan warganet. Pasalnya warganet bertanya-tanya makna tersendiri dari batik yang dikenakan Mahfud. 

Diketahui batik tersebut adalah batik khas Kalimantan Timur dengan nama batik Tengkawang Ampiek.

Batik motif ini menggambarkan ukiran kayu, yang disebut ampiek dalam bahasa Kutai dan Tengkawang adalah pohon sejenis meranti merah (Dipterocarpaceae).

Tanaman ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan biasanya dipakai sebagai bahan makanan, kosmetika, maupun obat-obatan.

Suku Dayak juga menggunakan daun pohon ini dalam upacara dan ritual mereka karena percaya akan manfaat dari tanaman tersebut. 

Tampilan motif tengkawang ampiek didominasi oleh gambar ukiran kayu khas suku Dayak. Ditambah dengan menggunakan pewarna batik yang cerah pada motifnya membuat tampilannya terlihat lebih indah dan unik.

Tidak diketahui alasan Mahfud MD mengenakan batik tersebut, tetapi batik ini memiliki makna yang mendalam yang tergambar dari motif tanaman Tengkawang Ampiek yang merupakan lambang kesuburan dan kebaikan alam semesta.

Lambang kebaikan dan Kesuburan alam ini menjadi kepercayaan dan kekhasan tersendiri bagi suku Dayak. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro