Garam/istimewa
Health

7 Tanda Tubuh Kamu Kebanyakan Makan Garam

Redaksi
Minggu, 22 Oktober 2023 - 16:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Garam menjadi salah satu kunci dalam membuat sebuah masakan menjadi lebih enak. Namun, mengkonsumsi garam secara berlebihan dapat menimbulkan dampak negatif pada tubuh.

Seringkali kita menambahkan garam pada masakan untuk menambah cita rasa. Hal tersebut tidak menjadi masalah karena jumlah garam masih terbilang cukup sedikit.

Namun, jika kita sering mengkonsumsi jajanan di luar seperti keripik singkong atau chiki dapat menambah jumlah garam yang masuk ke dalam tubuh. Banyak yang belum tahu bahwa makanan kemasan yang sering dikonsumsi lebih banyak menyumbang garam untuk tubuh daripada masakan rumahan.

Mengonsumsi lebih banyak garam daripada yang direkomendasikan yaitu 6g per hari dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan juga penyakit jantung.

Sebelum berakibat lebih fatal, tubuh akan menunjukkan reaksi terhadap kelebihan asupan garam. Hal ini pertanda tubuh memberitahukan kepada kita untuk mengurangi jumlah garam yang dikonsumsi.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah pertanda tubuh kelebihan garam:

1. Jari-jari Tangan Membengkak

Garam menyebabkan tubuh Anda menahan air, yang bisa bocor ke jaringan dan menyebabkan pembengkakan. Oleh karena itu, jari-jari kamu bisa bengkak akibat terlalu banyak mengkonsumsi garam tersebut.

Setelah kamu mengonsumsi bumbu populer tersebut dalam jumlah berlebihan, tubuh akan menahan natrium ekstra dan meningkatkan cairan di luar sel.

2. Kaki Membengkak atau Edma

Selain di tangan, pembengkakan yang disebut juga edema juga bisa menyerang pergelangan kaki atau bahkan kaki.

Edema mungkin menjadi lebih menonjol di area ini ketika duduk terlalu lama atau dalam perjalanan jauh.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Neurourology and Urodynamics, mengaitkan asupan garam harian yang tinggi dengan edema kaki.

3. Sering Buang air kecil

Mengonsumsi banyak garam bisa membuat kamu buang air kecil lebih banyak. Setelah makan tinggi garam, urin cenderung menjadi lebih gelap, terlihat lebih kental, dan berbau lebih menyengat.

4. Lebih Sering Haus

kamu merasa mulut lebih kering, bibir juga kering, atau ingin minum lebih banyak air namun masih merasa haus setelah minum. Ini adalah pertanda kamu mengalami kelebihan garam.

5. Berat Badan Bertambah

Pasien kardiovaskuler, terutama pasien gagal jantung, harus menimbang berat badannya setiap hari untuk memantau keseimbangan air dalam tubuh.

Kenaikan berat badan secara tiba-tiba lebih dari 1kg/hari atau lebih dari 2kg/minggu adalah tanda bahwa kamu perlu meninjau kembali pola makan kamu untuk mengetahui adanya kelebihan garam.

6. Gangguan tidur

Makan garam menurunkan kualitas tidur: sulit tidur, terbangun tengah malam, nokturia, rasa lelah, pusing saat bangun tidur.

7. Gangguan pencernaan

Ketika tubuh mengalami kelebihan garam maka kamu akan merasa kembung dan mengalami gangguan pencernaan. Selain itu kamu juga akan merasa sakit perut secara berlebih-lebihan. (Ernestina Jesica Toji)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro