Festival Jajanan Bango
Kuliner

Festival Jajanan Bango Hadirkan 100 UMKM Nusantara

Redaksi
Jumat, 27 Oktober 2023 - 16:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Festival Jajanan Nusantara kembali menyapa masyarakat Indonesia dengan sejuta rasa Nusantara melalui makanan-makanan khas Nusantara.

Setelah sukses menggelar FJB di Makasar pada tanggal 7-8 Oktober, kali ini bango kembali menggelar event yang sama di Plaza Parkir Timur GBK, Jakarta.

Di tengah kuliner mancanegara yang semakin dikenal setiap generasi, dengan tema Bangkitkan Sejuta Rasa Nusantara, Bango menghadirkan 100 UMKM kuliner khas Nusantara dalam festival ini.

Dalam kesempatan pembukaan festival hadir Vinsensius Jemadu selaku Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Amaryllis Esti Wijono selaku Direktur Nutrition, PT Unilever Indonesia, Tbk, Erwita Dianti selaku Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif dan Sarwendah Tan, Celebrity Mom sekaligus Pecinta dan Pelestari Kuliner Nusantara.

Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia dalam sambutannya melalui video mengucapkan selamat atas terlaksananya festival jajan Bango 2023. Beliau juga mengungkapkan event ini akan menjadi wadah mengenal dan melestarikan kekayaan ragam kebudayaan khususnya kuliner ke semua generasi.

“Kita berharap dengan adanya festival jajanan Bango 2023, dapat mendorong semangat para pengusaha kuliner dan masyarakat Indonesia untuk terus mempertahankan warisan kuliner Nusantara” tutur Sandiaga.

Hanya dengan empat bahan pilihan,Bango telah hadir selama 95 tahun untuk terus menciptakan kuliner dengan cita rasa spesial sejak tahun 1928. Lilis selaku Direktur Nutrition, PT Unilever Indonesia Tbk. mengungkapkan bahwa Bango terus berusaha memberi yang terbaik.

“Bango percaya kekayaan kuliner khas dengan kecap manis merupakan kebanggaan Indonesia, untuk itulah FJB ini hadir dengan 100 kuliner dari Nusantara. Kami juga ingin memberikan pengalaman kepada pengunjung untuk mengeksplore kuliner dalam satu lokasi” ungkap Lilis.

Culinary gem atau pusaka kuliner ini merupakan cerminan sejarah, identitas, tradisi, dan kearifan lokal yang unik dan tak lekang waktu. Tidak hanya menjembatani masyarakat dengan akar budaya mereka, culinary gem juga menjadi alat untuk memperkenalkan jati diri sebuah negara pada dunia.

Sarwendah Tan sangat setuju dengan hal tersebut. Dia menceritakan pengalamannya luar negeri kepada tamu undangan dan media.

“aku dulu sekolahnya diluar negeri, kalau rindu Indonesia aku makannya nasi, kecap kerupuk sama telor ceplok itu udah paling pas” cerita Wendah.

Dalam kesempatan yang sama wendah terus menceritakan kebanggaannya sebagai celebrity moms yang suka memasak untuk keluarga. Wendah mengakui spesialnya Bango dalam setiap masakannya. Tidak heran wendah selalu menyiapkan Bango di rumah maupun di mobil.

Festival Jajanan Bango sesungguhnya mengajak pecinta kuliner melestarikan kecap manis dengan mengeksplorasi ragam hidangan berbasis kecap yang tersebar di seluruh wilayah nusantara.

Setelah berpetualang kuliner, diharapkan akhirnya pengunjung khususnya para ibu menjadi lebih terdorong untuk menyajikan aneka hidangan berbasis kecap di rumah, yang secara tidak langsung artinya ikut berperan melestarikan kekayaan kuliner Indonesia.

Bagi kamu yang penasaran dengan cita rasa Nusantara tanpa mengeluarkan biaya yang besar, kamu bisa datangi Festival Jajanan Bango di Plaza Parkir Timur GBK, Jakarta mulai 27-29 2023. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro