Jeruk bisa cegah depresi
Health

8 Makanan dan Minuman yang Dapat Mengurangi Kecemasan

Redaksi
Senin, 30 Oktober 2023 - 13:54
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG – Ketika merasa stress atau cemas, kebanyakan orang mungkin langsung melakukan kegiatan untuk menenangkan pikiran, seperti meditasi, yoga, ataupun aktivitas lain.

Namun, tahukah Anda bahwa makanan dan minuman tertentu ternyata juga dapat membantu mengurangi stres ataupun kecemasan?

Berbagai makanan dan minuman yang mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan dipercaya dapat membantu mengurangi gejala stres dan kecemasan pada tubuh.

Melansir beberapa sumber, Senin (30/10/2023), berikut adalah beberapa makanan dan minuman yang mampu membantu mengurangi kecemasan.

1. Teh hijau
Teh hijau kaya akan polifenol dan katekin yang disebut epigallocatechin-3-gallate (EGCG). EGCG memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi neurodegeneratif seiring bertambahnya usia.

Teh hijau juga kaya akan asam amino L-theanine, yang telah terbukti dapat mengurangi tingkat stres dan kecemasan.

2. Teh Camomile
Secangkir teh chamomile dipercaya dapat membantu tubuh merasa rileks. Chamomile memiliki antioksidan yang disebut flavonoid, yang menurut beberapa penelitian memiliki efek anti-kecemasan.

Selain itu, penggunaan chamomile jangka panjang selama beberapa minggu dapat mengurangi gejala gangguan kecemasan umum (GAD).

3. Kefir tanpa pemanis
Makanan fermentasi seperti kefir tanpa pemanis yang dibuat dari susu murni dapat mendorong pertumbuhan bakteri usus yang baik.

Hal ini dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan produksi bahan kimia penting, seperti enzim, neurotransmiter, dan molekul lain yang dibutuhkan otak untuk berfungsi sebaik mungkin.

4. Buah beri
Buah beri mengandung serat dan antioksidan alami seperti vitamin C dan E. Buah beri juga menawarkan mikronutrien seperti kalsium, asam folat, selenium, lutein, serta alfa dan beta karoten.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Nutrients menemukan bahwa mengonsumsi blueberry bisa sangat efektif dalam meningkatkan suasana hati seseorang dan mencegah depresi.

5. Alpukat
Mengkonsumsi alpukat dalam porsi yang tepat dapat membantu mengatasi kecemasan karena kandungan vitamin B-nya. Mengonsumsi makanan kaya vitamin B dipercaya mampu menurunkan gejala kecemasan.

Selain itu, alpukat adalah sumber magnesium yang bagus. Menurut Cleveland Clinic, satu buah alpukat utuh mengandung 58 mg magnesium.

Magnesium adalah mineral dalam tubuh yang mengatur reaksi biokimia dalam tubuh, termasuk sintesis protein, otot, dan fungsi saraf. Mineral ini membantu mengatur banyak neurotransmiter utama yang terlibat dalam pengaturan suasana hati.

Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan magnesium juga berkaitan dengan kecemasan, kelelahan, dan mudah tersinggung.

6. Kuning telur
Kuning telur mengandung vitamin D, yang dapat memengaruhi fungsi sistem saraf tubuh. Di otak, Vitamin D bertindak sebagai neuro-steroid dan berperan dalam melindungi tubuh dari depresi dan gangguan kecemasan.

7. Sayuran hijau
Sayuran hijau adalah sumber serta serta karotenoid yang baik dan kayak akan folat atau vitamin B9. Sayuran hijau juga kaya akan vitamin C, K, dan kalsium.

Mengonsumsi sayuran hijau dapat membantu mengurangi kecemasan karena folat yang terkandung di dalamnya adalah nutrisi yang mendukung fungsi neurotransmitter, pembawa pesan kimiawi dalam otak yang mengatur suasana hati dan kognisi, termasuk kecemasan dan stres.

8. Jeruk
Satu buah jeruk berukuran sedang menyimpan lebih dari setengah kebutuhan vitamin C yang direkomendasikan untuk orang dewasa dan juga berfungsi sebagai antioksidan.

Para peneliti telah menemukan bahwa vitamin C berperan dalam respons stres tubuh dan mampu meningkatkan suasana hati. (Kresensia Kinanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro