Batuk/fastpaceurgantcare.com
Health

Jenis Batuk yang Bisa Jadi Tanda Tuberkulosis alias TBC

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 2 November 2023 - 09:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - TBC atau tuberkulosis adalah infeksi serius yang biasanya menyerang paru-paru dan jika tidak diobati bisa berakibat fatal.

TBC dapat disembuhkan dan dicegah, namun penyakit ini masih menjadi masalah kesehatan masyarakat yang serius.

Diagnosis dini penting dilakukan agar Anda bisa mendapatkan pengobatan yang diperlukan tepat waktu dan juga mencegah penularan.

Dengan pengobatan yang tepat waktu dan tepat, kebanyakan orang akan sembuh total.

Dalam banyak kasus TBC dapat diobati dengan antibiotik selama enam bulan, namun jika sudah menyebar, Anda juga perlu mengonsumsi obat steroid.

Dilansir dari Times of India, menurut pakar kesehatan, ada jenis batuk tertentu yang bisa menjadi tanda infeksi TBC.

Namun, menjelang musim dingin, orang mungkin salah mengartikan batuk TBC sebagai gejala flu atau COVID-19.

Berikut adalah cara membedakan keduanya dan mencari pengobatan yang sesuai.

Jika Anda mengalami batuk yang berlangsung lebih dari tiga minggu dan mengandung lendir atau lendir yang mengandung darah, bisa jadi itu adalah tanda penyakit TBC.

Hubungi dokter Anda agar Anda dapat menjalani tes dan pengobatan jika diperlukan.

TBC disebabkan oleh bakteri. Seseorang dapat tertular TBC jika melakukan kontak dekat dengan orang yang terinfeksi dan memiliki gejala.

Jika orang yang terinfeksi batuk, ia akan mengeluarkan bakterinya melalui tetesan kecil. Hal ini dapat terhirup oleh orang-orang di sekitar mereka, sehingga menempatkan mereka pada risiko juga.

​Gejala TBC lainnya​

Gejala TBC bisa muncul secara bertahap. Selain batuk, tanda-tanda lainnya termasuk rasa lelah atau letih, suhu tubuh tinggi atau berkeringat di malam hari, kehilangan nafsu makan, penurunan berat badan, dan perasaan tidak enak badan secara umum.

Jika infeksi menyebar ke bagian tubuh lain dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar, nyeri dan nyeri tubuh, pembengkakan sendi atau pergelangan kaki, nyeri perut atau panggul, sembelit, buang air kecil berwarna gelap atau keruh, sakit kepala, merasa bingung, leher kaku, dan a ruam pada kaki, wajah atau bagian tubuh lainnya.

Karena TBC dapat tetap berada di udara selama beberapa jam tanpa ventilasi, penting untuk memastikan adanya ventilasi yang baik di lingkungan Anda. Cahaya alami juga dapat membantu membunuh bakteri TBC. Terakhir, tutup mulut dan hidung setiap kali bersin atau batuk untuk mengurangi risiko penyebaran bakteri TBC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro