Ilustrasi perempuan menjaga kesehatan mental dengan berolahraga/Freepik.com
Health

Perubahan Jam Tidur Bisa Tingkatkan Kesehatan Jantung

Redaksi
Senin, 13 November 2023 - 13:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Banyak orang yang menghabiskan waktu untuk menonton TV sepanjang hari daripada berolahraga. Faktanya mengubah aktivitas seperti tidur daripada hanya duduk sepanjang hari dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Dilansir dari medicaldaily.com pada Senin (13/11/2023), para peneliti dari UCL Surgery and Interventional Science dan Institute of Sport, Latihan dan Kesehatan mengeksplorasi hubungan antara berbagai pola pergerakan sehari-hari dan kesehatan jantung.

Para peneliti menemukan bahwa mengganti perilaku sedentary, setidaknya selama lima menit sehari, dengan olahraga ringan dapat memberikan manfaat maksimal, diikuti dengan aktivitas ringan, berdiri, dan tidur.

Perubahan paling bermanfaat yang diamati adalah mengganti aktivitas duduk dengan aktivitas sedang hingga berat berupa lari, jalan cepat, atau naik tangga. Pada dasarnya aktivitas apapun yang meningkatkan detak jantung dan membuat kamu bernapas lebih cepat, bahkan untuk satu atau dua menit.

Berdasarkan analisis data enam penelitian, tim peneliti meneliti total 15.246 orang dari lima negara. Peneliti mengamati pola pergerakan peserta menggunakan perangkat wearable yang melacak aktivitas peserta sepanjang hari.

Kesehatan jantung diukur berdasarkan enam indikator: indeks massa tubuh (BMI), lingkar pinggang, kolesterol HDL, rasio HDL terhadap kolesterol total, trigliserida, dan HbA1c.

Para peneliti juga menganalisis apa yang terjadi ketika seseorang mengubah sejumlah perilaku gerakan ke gerakan lainnya setiap hari selama seminggu. Manfaat maksimal terlihat saat duduk digantikan dengan aktivitas sedang hingga berat.

Menjadi aktif tidak selalu mudah, dan penting untuk membuat perubahan yang dapat dipatuhi dalam jangka panjang dan dapat dinikmati. Apapun yang meningkatkan detak jantung dapat membantu kesehatan jantung.

Misalnya memasukkan 'aktivitas camilan' seperti berjalan sambil menelepon, atau menyetel alarm untuk bangun dan melakukan lompatan setiap jam adalah cara yang bagus untuk mulai membangun aktivitas dalam hari kamu, untuk membiasakan kamu menjalani gaya hidup yang sehat dan aktif. (Ernestina Jesica Toji)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro