Pose child pose Yoga untuk mengobati nyeri punggung/Freepik.com
Health

3 Jenis Olahraga untuk Melindungi Paru-paru dari Polusi Udara

Redaksi
Minggu, 12 November 2023 - 12:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Polusi merupakan salah satu masalah yang paling sering di alami oleh beberapa negara termasuk Indonesia.

Jakarta menjadi wilayah di Indonesia yang terdapat banyak polusi dan memberikan dampak yang cukup besar pada kesehatan pernapasan.

Polusi udara adalah kontaminasi lingkungan dalam atau luar ruangan oleh zat kimia, fisik, atau biologis apa pun yang mengubah karakteristik alami atmosfer.

Pembakaran sampah, asap kendaraan bermotor, fasilitas industri dan kebakaran hutan merupakan sumber pencemaran udara yang umum.

Selain itu, Polutan yang menjadi perhatian utama kesehatan masyarakat meliputi materi partikulat, karbon monoksida, ozon, nitrogen dioksida, dan sulfur dioksida.

Data WHO menunjukkan bahwa hampir seluruh populasi global (99%) menghirup udara yang melebihi batas pedoman WHO dan mengandung polutan tingkat tinggi, dengan negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah menderita paparan tertinggi.

Untuk itu, penting menjaga kesehatan pernapasan seperti selalu memakai masker dan juga berolahraga untuk melatih kesehatan paru-paru.

Mengutip dari indianexpress.com, terdapat 3 olahraga yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesehatan paru-paru seperti:

1. Latihan Pernapasan

Latihan pernapasan sangat ampuh sehingga dapat membantu menghilangkan racun fisiologis dan psikologis dari tubuh dan pikiran. Menarik napas dalam-dalam dan menghembuskan napas dalam-dalam melalui hidung dapat membantu menyaring debu dan alergen, mengencerkan sinus, dan meningkatkan suhu tubuh, terutama saat berolahraga.

Menarik napas dalam-dalam, di satu sisi, baik, tetapi latihan berat yang melelahkan tidak boleh dilakukan. Terutama dalam kondisi kabut asap dan polusi agar pernapasan hidung secara bergantian bisa menjadi pendekatan terbaik.

Saat melakukan latihan, bernapaslah perlahan dan dalam, pertahankan ritme dan aliran yang lancar. Ini akan memberdayakan paru-paru, menyelamatkan paru-paru, dan meningkatkan mekanisme penyaringan tubuh.

2. Latihan Pernapasan Ganda

Latihan Pernapasan Ganda juga dapat membantu meningkatkan kesehatan paru-paru sama seperti latihan pernapasan sebelumnya.

Untuk latihan Pernapasan Ganda, berdirilah dengan nyaman dengan kaki terbuka. Tarik napas melalui hidung dengan tarikan napas pendek dan tajam, diikuti dengan tarikan napas panjang dan kuat.

Buang napas dua kali melalui mulut dengan embusan pendek, lalu embusan panjang. Sambil menarik napas, berdirilah tegak dengan tulang belakang tegak, dan sambil menghembuskan napas, jongkok sedikit.

3. Yoga

Yoga sangat baik untuk memperkuat dan melenturkan otot jantung dan paru-paru.

Gerakan seperti Asana pembuka dada seperti Setu Bandhasana, Ustrasana, dan Tadasana peregangan ke atas sangat efektif.

Gerakan Surya Namaskar juga sangat dianjurkan untuk pemanfaatan paru-paru dan sistem pernafasan secara optimal, memperluas dan mengecilkan kantung udara atau alveoli paru-paru serta mencegah penumpukan kuman dan penyakit pernafasan.

Kamu dapat melakukan 15, 20, atau 30 Surya Namaskar berturut-turut, dan di antara setiap 8 hingga 10 Surya Namaskar, kamu dapat melakukan gerakan membungkuk ke depan, menekuk ke belakang, menekuk ke samping, dan memutar perlahan untuk membantu pemulihan.

Saat musim dingin, kita juga bisa melakukan gerakan Surya Bhedi pranayama yang mengaktifkan lubang hidung kanan sehingga meningkatkan panas tubuh. (Ernestina Jesica Toji)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro