Ilustrasi/Skinadvice
Health

Cara Menggunakan Scrub Gula dengan Benar

Redaksi
Sabtu, 18 November 2023 - 18:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Scrub gula merupakan produk perawatan kulit yang menggabungkan gula pasir dengan bahan pelembap seperti minyak nabati dan mentega untuk menghasilkan pasta berpasir atau bertekstur seperti lumpur. Bisa juga ditambahkan minyak esensial untuk pelicinan kulit secara keseluruhan.

Penggunaan scrub gula bertujuan untuk menghilangkan sel-sel mati yang terbentuk di permukaan kulit. Dengan penggunaan scrub gula yang dioleskan langsung ke kulit dan digosok dapat membantu kulit Anda lebih halus, lebih cerah, lebih bercahaya dan bahkan dapat membantu warna kulit Anda terlihat lebih rata.

Dilansir dari Real Simple, scrub gula cukup mudah digunakan, tetapi ada beberapa trik dan anjuran yang harus diikuti, misalnya dioleskan secara lembut, pastikan untuk tidak menekan butiran terlalu keras ke permukaan kulit atau menggosoknya terlalu lama, sebab pengelupasan kulit yang berlebihan atau kasar dapat menimbulkan ketidaknyamanan bahkan dapat menyebabkan area kulit tertentu menjadi lebih gelap setelahnya.

Simak cara menggunakan scrub gula dengan benar:

1. Basahi Kulit

Oleskan scrub gula ke kulit yang lembab untuk mengurangi gesekan dan mencegah pengelupasan kulit secara berlebihan.

2. Takaran yang tepat

Brown mengatakan jumlah seperempatnya untuk wajah, sementara jumlah lebih besar diperlukan untuk area tubuh yang lebih besar dibandingkan wajah, seperti lengan dan kaki.
“ Dapat menyesuaikan jumlahnya berdasarkan selera pribadi atau kebutuhan khusus kulit” jelas Brown.

3. Pijat selama beberapa menit

Pijat lembut scrub ke kulit dengan gerakan memutar selama sekitar satu atau dua menit menggunakan tekanan ringan atau sedang, menghindari tekanan yang berlebihan. “ Pemijatan yang lembut dan melingkar membantu memastikan butiran gula mengelupas kulit secara efektif tanpa menimbulkan iritasi,” ujar Brown.

Brown juga menambahkan scrub gula sangat bermanfaat untuk area kulit kasar atau kering, seperti siku, lutut, dan tumit. Kemudian, sedikit untuk area yang kulitnya lebih tipis seperti dada bagian atas atau bagian bawah lengan.

4. Bilas dengan air hangat

Membilasnya dengan air hangat setelah selesai melakukan eksfoliasi untuk memastikan proses pengelupasan kulit efektif sekaligus mencegah iritasi yang mungkin terjadi jika scrub dibiarkan terlalu lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro