Ilustrasi rambut rontok/Freepik
Health

Cara Tepat Menggunakan Serum Rambut

Redaksi
Selasa, 21 November 2023 - 15:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Mempunyai rambut yang sehat adalah impian bagi setiap orang, salah satu cara merawatnya adalah dengan rutin menggunakan serum rambut.

Serum mampu membantu perbaikan rambut dan menjaga kesehatan rambut. Untuk mendapatkan rambut sehat, tentunya harus menggunakan serum dengan cara yang tepat. Kesalahan menggunakan serum bisa membuat rambut lepek dan berketombe.

Serum rambut adalah cairan yang biasanya diformulasikan menggunakan silikon yang berfungsi memberikan lapisan pelindung pada serat rambut dan membantu menghaluskan rambut kusut. Lapisan ini kemudian memantulkan cahaya, sehingga serum memberikan hasil akhir yang berkilau dan tidak berminyak pada rambut.

Serum rambut tidak hanya digunakan untuk mengatasi rambut kusut. Jika Anda menggunakan serum yang tepat untuk jenis rambut Anda, maka serum akan bekerja lebih maksimal untuk dapat mengatasi berbagai masalah, mulai dari menghaluskan rambut, menciptakan rambut yang berkilau tanpa kusut hingga memperbaiki kerusakan dengan melindungi dari polusi.

Manfaat Menggunakan Serum Rambut

• Membuat rambut keriting mudah diatur: Serum rambut secara efektif dapat mengurangi keriting dan membuatnya lebih halus dan lebih mudah diatur.

• Membuat berkilau: Serum dapat menambahkan kilau yang sehat pada rambut kusam, membuatnya tampak lebih hidup dan berkilau.

• Melindungi panas: Serum rambut mengandung sifat pelindung panas, yang melindungi rambut dari kerusakan yang disebabkan oleh pengering rambut, alat pengeriting rambut, dan pelurus rambut.

• Melembabkan dan Menghidrasi: Serum yang menghidrasi mengandung bahan-bahan utama yang dapat mengisi kembali kelembapan pada rambut kering atau rusak, membantu mengembalikan kelembutan.

• Pencegahan rambut bercabang: Serum mengandung bahan-bahan yang mampu melapisi setiap helai rambut dan ujung rambut bercabang. Serum ini juga membantu mengurangi gesekan dan mencegah kerusakan lebih lanjut pada rambut.

• Menghilangkan kusut: Serum rambut dapat membuat rambut kusut menjadi lebih mudah dengan mengurangi kekusutan, membuat rambut lebih mudah diatur.

• Perlindungan UV: Serum memberikan perlindungan terhadap sinar UV, membantu mencegah kerusakan akibat sinar matahari dan pemudaran warna pada rambut yang diwarnai.

• Memudahkan penataan rambut: Serum rambut dapat memudahkan untuk mendapatkan gaya rambut yang diinginkan dan mencegah rambut kusut.

• Mengurangi Kerusakan: Dengan memperkuat helai rambut, serum dapat mengurangi kerusakan rambut dan memperkuat kutikula rambut.

• Aroma: Banyak serum rambut memiliki aroma yang menyenangkan sehingga membuat rambut berbau segar dan bersih.

• Manfaat Jangka Panjang: Penggunaan serum rambut secara teratur dapat meningkatkan kesehatan rambut dalam jangka panjang, seperti meningkatkan kelembaban dan mengurangi kerusakan rambut.

Cara Memilih Serum Rambut

• Identifikasi Jenis Rambut: Tentukan apakah Anda memiliki rambut halus, kasar, keriting, lurus, berminyak, atau kering. Memahami jenis rambut Anda sangat penting karena hal ini menentukan jenis serum yang paling cocok.

• Identifikasi Masalah Rambut: Apakah yang menjadi masalah utama rambut Anda? seperti rambut kusut, kering, bercabang, kerusakan akibat panas, atau kurang bersinar. Setiap serum memiliki manfaat yang berda-beda.

• Periksa Komposisi: Periksa daftar bahan untuk komponen yang bermanfaat seperti minyak argan, minyak kelapa, keratin, atau vitamin (misalnya vitamin E). Hindari serum dengan bahan-bahan yang dapat memperburuk masalah rambut Anda.

• Pikirkan Tujuan Menggunakan Serum Rambut: Pikirkan tentang tujuan rambut jangka panjang Anda. Beberapa serum mungkin menawarkan manfaat tambahan seperti meningkatkan pertumbuhan rambut atau perlindungan warna. Pilihlah serum yang tepat dan sesuai.

• Lihat Merek: Cari tahu merek-merek ternama yang dikenal memproduksi serum rambut berkualitas. Membaca ulasan dan mencari rekomendasi juga dapat membantu Anda untuk mendapat pilihan yang tepat.

Untuk mendapatkan hasil yang efektif, perawatan menggunakan serum rambut membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Sehingga, dibutuhkan kesabaran agar tetap konsisten dalam merawatnya! (Luygi Ambhara Putri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro