Karni Ilyas/matanajwa
Entertainment

Karni Ilyas: Najwa Shihab Sudah Setara dengan Saya

Mutiara Nabila
Selasa, 21 November 2023 - 19:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Jurnalis Senior Karni Ilyas memberikan apresiasi kepada Najwa Shihab setelah mampu mempertahankan program talkshow pribadinya, Mata Najwa, selama 13 tahun. 

Karni Ilyas mengatakan bahwa Najwa Shihab dahulu kala adalah seorang wartawan muda yang potensial pada saat masih muda. Sekarang, Najwa sudah cukup senior bisa tampil membawakan acaranya sendiri atas perjuangannya sendiri. 

Ke depan, lanjut Karni Ilyas, mengingat usianya yang sudah tidak lagi muda, perlu ada penerus untuk membawakan acara semacam talkshow berita, terutama untuk mengkritisi dunia politik. 

"Tapi ke depan kita perlu yang lebih muda lagi. Menurut saya ke depan, Najwa Shihab lah untuk news talkshow di republik ini," ujarnya. 

Alasannya, kata Karni Ilyas, adalah karena Najwa bukan hanya tampil, dan bukan sekadar presenter yang tidak ada isinya. 

Menurutnya, presenter itu baru sukses jika penampilan, intonasi, dan artikulasinya bagus. Selain itu, mereka juga harus memiliki  pengetahuan yang juga harus bagus, tajam, dan tidak hanya satu ilmu, tapi berbagai ilmu harus dikuasai. 

"Jadi tidak hanya sekadar tampil di layar bisa sukses, tapi isinya harus dalam baru bisa sukses, dan itu Najwa praktikkan dan akhirnya dia saya akui bahwa dia sejajar dengan Karni Ilyas," ungkapnya. 

Dia melanjutkan, sebagai wartawan yang juga pemerhati politik, Karni Ilyas memberi satu nasihat, bahwa prinsip jurnalistik yang benar adalah tidak berpihak di calon yang mana pun. 

"Jurnalis tidak ikut partai politik mana pun, apalagi jadi tim pemenangan atau juru bicara itu udah bukan wartawan lagi bagi saya. Wartawan itu saya tidak akan menjadi corong atau juru bicara kelompok, agama, suku mana pun, apalagi partai mana pun, saya ini milik dan hanya berpihak kepada publik, kepada masyarakat, dan Najwa bisa melaksanakannya sampai hari ini," tegasnya. 

Dia juga mengingatkan kepada seluruh insan pers dan insan media, bahwa media itu punya peran penting dalam demokrasi. Jika tidak lagi peduli kepada politik, maka demokrasi atau bangsa, sudah terancam mendapatkan bencana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro