Ikustrasi vaksin cacar monyet (monkeypox)./Istimewa
Health

Kasus Monkeypox Timbulkan Kematian, Ini Penyebabnya

Redaksi
Jumat, 24 November 2023 - 16:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Monkeypox semakin menggegerkan Indonesia dengan adanya kabar kematian pasien penderita monkeypox.

Pada asalnya, penyakit ini adalah penyakit zoonosis, yang berarti ditularkan dari hewan ke manusia, tetapi penyakit ini juga dapat menyebar dari manusia ke manusia.

Virus ini dapat menular ketika seseorang bersentuhan dengan virus dari hewan yang terinfeksi, orang yang terinfeksi, atau bahan yang terkontaminasi virus.

Bagaimana virus Monkeypox membuat pasien meninggal ? 

Monkeypox dapat menyebabkan berbagai tanda dan gejala, sementara beberapa orang memiliki gejala ringan dan gejala berat. 

Namun, mereka yang berisiko lebih tinggi untuk penyakit ini adalah komplikasi termasuk orang-orang yang sedang hamil, anak-anak dan orang-orang dengan penyakit kekebalan tubuh.

Gejala monkeypox biasanya demam, sakit kepala hebat, nyeri otot, sakit punggung, lemas, pembengkakan kelenjar getah bening (di leher, ketiak atau selangkangan) dan ruam atau lesi kulit. 

Gejala ini berlangsung antara 2-4 minggu dan biasanya sembuh sendiri. Namun pada beberapa individu, dapat menyebabkan komplikasi medis dan kematian. 

Orang dengan penyakit penurunan kekebalan tubuh berisiko mengalami gejala yang lebih serius.  Sayangnya pengobatan penyakit ini bersifat menghilangkan gejala dan suportif bukan menyembuhkan.

Perlu diketahui, komplikasi dari monkeypox termasuk infeksi kulit sekunder, pneumonia, gangguan kesadaran dan masalah mata. 

Penting untuk dicatat bahwa tingkat kematian disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk akses terhadap layanan kesehatan dan pengobatan yang minim. 

Tujuan pengobatan monkeypox adalah untuk mengatasi ruam, mengatasi rasa sakit dan mencegah komplikasi. Perawatan dini dan suportif penting untuk membantu mengelola gejala dan menghindari masalah lebih lanjut.

Selain itu, mendapatkan vaksin mpox juga dapat membantu mencegah infeksi. Vaksin harus diberikan dalam waktu 4 hari setelah kontak dengan penderita mpox atau dalam waktu hingga 14 hari jika tidak ada gejala.

Orang yang berisiko tinggi dianjurkan untuk mendapatkan vaksinasi untuk mencegah infeksi mpox, terutama pada saat terjadi wabah.

Berikut orang yang berisiko terpapar monkeypox adalah: 

1. Petugas kesehatan yang berisiko terpapar

2. Laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki

3. Orang dengan banyak pasangan seks

4. Pekerja sex

5. Orang yang mengidap mpox harus dirawat jauh dari orang lain

Beberapa antivirus, seperti tecovirimat, yang awalnya dikembangkan untuk mengobati cacar telah digunakan untuk mengobati mpox dan penelitian lebih lanjut sedang dilakukan. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro