Rasperberi hitam/nutrawiki.org
Health

Rekomendasi 8 Makanan Kaya Kolagen Alami

Redaksi
Minggu, 26 November 2023 - 11:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Kolagen adalah bahan penyusun utama kulit, otot, tulang, tendon dan ligamen tubuh, serta jaringan ikat lainnya. Untuk memenuhi kolagen dalam tubuh, kamu bisa mengkonsumsi makanan ini.

Peran utama kolagen adalah memberikan struktur, kekuatan, dan dukungan ke seluruh tubuh.

Kolagen berfungsi untuk membantu pembentukan fibroblas di dermis (lapisan tengah kulit), yang membantu pertumbuhan sel-sel baru.

Selain itu, kolagen juga berperan dalam menggantikan sel kulit mati, menyediakan penutup pelindung untuk organ, memberikan struktur, kekuatan dan elastisitas pada kulit, dan dapat membantu membekukan darah.

Kolagen memiliki fungsi yang cukup banyak untuk tubuh, maka dari itu sangat penting untuk menjaga kolagen dalam tubuh.

Mengutip dari realsimple, ada beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan kolagen dalam tubuh meliputi:

1. Ikan

Dalam hal memproduksi kolagen secara alami, ikan adalah salah satu makanan terbaik yang bisa dikonsumsi. Satu penelitian menemukan bahwa kolagen ikan adalah salah satu sumber kolagen makanan yang paling efisien diserap tubuh.

Ikan yang memiliki kolagen paling baik adalah salmon dari Chili karena mengandung lemak omega-3 yang tinggi dan menawarkan protein berkualitas tinggi dalam bentuk asam amino untuk mendukung produksi kolagen.

2. Buah Sitrus

Ada beberapa makanan yang lebih tinggi vitamin C daripada buah jeruk seperti jeruk, lemon, jeruk bali, dan jeruk nipis. Vitamin C membantu menjaga kolagen dalam tubuh dan berperan penting dalam proses tubuh membuat kolagen sendiri.

3. Telur

Di antara prolin, seng, dan belerang yang ditemukan dalam telur, makanan favorit saat sarapan ini mendukung pembentukan kolagen dalam tubuh.

Meskipun seng sebagian besar ditemukan di kuning telur, prolin dan belerang sebagian besar terkonsentrasi di bagian putih telur, sehingga mereka yang menjaga asupan kolesterol dari makanannya hanya dengan mengkonsumsi putih telur masih dapat memperoleh beberapa manfaat penambah kolagen ini.

4. Buah Beri

Baik itu stroberi, raspberry, acai, blueberry, cranberry, atau buah beri lainnya, buah-buahan berair ini benar-benar mengandung vitamin C pembentuk kolagen. Ada banyak cara untuk menikmatinya: dalam smoothie dan mangkuk smoothie, oatmeal , makanan yang dipanggang, parfait yogurt, salad gurih, selai buatan sendiri, dan banyak lagi.

5. Kaldu Tulang

Kaldu tulang adalah salah satu makanan tinggi kolagen yang paling terkenal. Kamu bisa membuat kaldu tulang sendiri di rumah, meski prosesnya bisa sangat memakan waktu. Ada juga banyak sekali produk kaldu tulang yang tersedia dan dapat membuat pemilihan merek terkemuka menjadi tantangan bagi pembeli makanan.

6. Kacang Polong

Ada banyak sumber protein vegan yang menyediakan asam amino yang dibutuhkan untuk mendukung produksi kolagen, termasuk kacang-kacangan. Selain menawarkan serangkaian asam amino pembentuk kolagen, banyak varietas kacang-kacangan, termasuk kacang pinto dan kacang putih, juga merupakan sumber tembaga yang luar biasa.

7. Unggas

Ini mungkin salah satu dari sedikit kesempatan kamu akan menemukan unggas berkulit dalam kumpulan makanan yang berfokus pada kesehatan, namun jika menyangkut produksi kolagen, daging dan kulit ikan sebenarnya bisa menjadi penentu. Meskipun kita tidak selalu memakan seluruh bagian hewan, kulit unggas juga mengandung kolagen dan tidak boleh diabaikan.

8. Kerang

Kerang dan tiram merupakan penambah kolagen yang sangat efektif. Kelezatan asin ini tidak hanya kaya akan berbagai asam amino untuk membangun kolagen, tetapi juga merupakan sumber makanan tembaga dan seng terbaik untuk membantu kamu mendapatkan semua manfaat kolagen. (Ernestina Jesica Toji)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro