Ilustrasi/Wayneoralsurgery
Health

Ini 10 Fungsi Ajaib Pasta Gigi yang Belum Anda Ketahui

Redaksi
Rabu, 29 November 2023 - 19:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pasta gigi mengandung abrasif ringan, seringkali digunakan untuk memoles gigi yang dapat menghilangkan plak gigi. 

Namun, selain digunakan untuk membersihkan gigi, pasta gigi bisa menjadi solusi dalam membersihkan barang rumah tangga yang umum digunakan. 

Dilansir dari Bhg, Rabu (29/11/2023), ini benda yang dapat dibersihkan dengan pasta gigi:

1. Membersihkan tembaga

Gunakan pasta gigi dengan kain lembut untuk memoles tembaga dan menghilangkan noda. Gosok pasta gigi pada logam menggunakan gerakan melingkar dengan lembut hingga kain yang lembut akan mengangkat noda.

Setelah tembaga berkilau, bilaslah dengan air panas dan keringkan menggunakan kain bersih.

2. Menghapus krayon dan masker

Ketika Anda memiliki anak kecil, dan dengan semangat kreatifnya mereka mencoret dinding, lantai, dan furniture kayu media ekspresinya dengan krayon atau spidol, jangan khawatir, coretan tersebut akan sulit dihapus.

Cobalah gunakan pasta gigi untuk menghilangkannya. Gunakan jari Anda untuk mengoleskan sedikit pasta gigi ke area tersebut, lalu, berikan gerakan memutar, gunakan kain mikrofiber yang basah untuk menggosok area tersebut, dan pasta gigi akan mengangkat krayon atau noda spidol.

3. Membersihkan tapak setrika dan alat penata rambut panas

Alat panas yang digunakan seperti setrika, pengeriting rambut, dan sisir panas untuk menata rambut dapat mengembangkan penumpukan lengket dari waktu ke waktu. 

Gunakan pasta gigi untuk menghilangkan penumpukan dari alat panas seperti produk penataan rambut, minyak yang ditemukan secara alami di rambut, dan kulit mati. 

Oleskan setetes pasta gigi ke kain kering dan gosok permukaan dengan kuat untuk mengangkat kotoran. Kemudian, bersihkan pasta gigi dan residu produk dengan kain lembab dan biarkan alat panas mengering sebelum digunakan.

4. Perlengkapan dari bahan krom

Manfaatkan pasta gigi untuk merawat perlengkapan krom yang membutuhkan sentuhan poles cepat. Aplikasikan sejumlah kecil pasta gigi ke perlengkapan menggunakan kain kering, kemudian gosoklah dengan lembut hingga perlengkapannya bersinar dan mengkilap.

5. Menghilangkan sisa buih sabun

Penumpukan sampah sabun di wastafel, di pintu kamar mandi, dan di kamar mandi fiberglass dapat menjadi tugas yang mudah dengan bantuan pasta gigi.

Berikan sedikit pasta gigi ke kain microfiber yang lembab dan gunakan tekanan kuat untuk menggosok buih sabun dari permukaan kamar mandi. Kemudian, bilas kain dan bersihkan pasta gigi dan sabun buih, dan keringkan dengan baik.

6. Menghilangkan lecet pada sepatu kulit, kulit paten, atau vinyl

Metode untuk mengatasi goresan juga berlaku untuk sepatu dari bahan kulit, kulit paten, dan vinil.

Berikan setetes pasta gigi di atas kain lembut, dan gosokkan ke dalam lecet menggunakan gerakan melingkar yang lembut. Kemudian, gosok sepatu hingga bersih dan keringkan dengan kain lembut.

7. Menghilangkan goresan di Layar

Goresan kecil pada layar ponsel atau tablet dapat dihilangkan dengan pasta gigi. Berikan setetes kecil pasta gigi di ujung jari Anda, dan gunakan untuk membersihkan goresan kecil dengan lembut. Bersihkan pasta gigi dari layar dengan kain mikrofiber yang hampir tidak lembab.

8. Bersihkan sol tengah sepatu kets

Saat sol tengah karet sepatu kets Anda kotor atau lecet, gunakan pasta gigi untuk membersihkannya. Oleskan sedikit pasta gigi ke trim menggunakan sikat gigi yang sudah lama, dan gosok dengan baik. Gunakan kain lembab untuk menyeka kotoran dan pasta gigi.

9. Menghilangkan noda kopi dan teh dari mug

Pasta gigi diformulasikan untuk menghilangkan noda dari kopi dan teh dari gigi kita, jadi sangat masuk akal bahwa pasta gigi juga berfungsi untuk menghilangkan noda kopi dan teh dari cangkir. Oleskan pasta gigi ke spons basah dan gosok cangkir, lalu bilas bersih untuk menghilangkan residu pasta gigi.

10. Menghapus lecet dan goresan dari  linoleum 

Lecet atau goresan di lantai linoleum dapat dihilangkan dengan pasta gigi. Gosok pasta gigi dengan kuat ke ubin linoleum dengan kain kering, gosok dengan gerakan memutar sampai goresan hilang dan tidak ada residu pasta gigi yang tersisa di lantai. (Lala Wahyuningsih)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro