Jenis nyamuk menyebabkan penyakit DBD/ilustrasi
Health

Cara Mengusir Nyamuk Saat Musim Hujan, Bebas DBD

Redaksi
Kamis, 30 November 2023 - 18:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Musim hujan telah tiba, membuat udara menjadi lembab. Hal ini membuat banyak orang harus waspada akan serangan nyamuk.

Saat musim hujan, nyamuk semakin mudah menemukan genangan air untuk berkembang biak. Perkembangbiakan nyamuk, membuat populasi nyamuk semakin bertambah dan mengancam anggota keluarga.

Untuk melindungi anggota keluarga Anda perlu meningkatkan perlindungan mengingat, nyamuk adalah hewan pembawa beragam penyakit mematikan salah satunya demam berdarah.

Dilansir dari India Today, Kamis (30/11/2023) simak cara untuk menghentikan penyebaran nyamuk selama musim hujan:

1. Hindari Genangan Air

Pada musim hujan, nyamuk berkembang biak dalam jumlah besar di air yang tergenang. Anda sebaiknya tidak menyimpan air dan memastikan bahwa ember disimpan terbalik untuk mencegah akumulasi air yang tidak diperlukan. Selain itu, seseorang harus menghindari melewati daerah banjir dan menghindari basah kuyup di tengah hujan.

2. Gunakan Semprotan Serangga

Menggunakan semprotan dapat membantu Nyamuk menjauhi Anda selama musim hujan. Hal ini merupakan salah satu cara tercepat untuk menghentikan penyebaran nyamuk. Akan tetapi Anda harus menggunakan semprotan sesuai anjuran yang ada pada kemasan. 

Orang yang memiliki masalah pernapasan tidak boleh bersentuhan dekat dengan semprotan nyamuk karena mengandung bahan kimia atau zat yang sangat berbahaya.

Anda dapat membeli semprotan nyamuk secara online atau di beberapa toko kelontong. Biasanya, semprotan ini dapat membunuh nyamuk berbahaya yang menyebarkan penyakit seperti Dengue, Chikungunya dan Malaria dll.

3. Gunakan Perangkap Nyamuk

Anda dapat membunuh nyamuk di sekitar rumah dengan menempatkan perangkap serangga listrik. Jebakan nyamuk dapat menarik, mengendalikan, dan membunuh serangga terbang secara instan. Jaringan tegangan tinggi dapat menyetrum nyamuk.

Namun, para orang tua harus memastikan untuk hindari perangkap pembunuh serangga listrik dari jangkauan anak-anak karena bisa berbahaya.

4. Metode Alami 

Anda dapat mengusir nyamuk dengan menggunakan bahan yang tersedia di rumah seperti kapur barus, bawang putih, bubuk kopi, minyak lavender, dan mint. 

Untuk menggunakan kapur barus, Anda perlu meletakkannya di pot kecil dan di dalam ruangan tertutup. Dalam waktu maksimal 30 menit, semua nyamuk di ruangan itu bisa mati.

5. Tanaman Pengusir Nyamuk

Pengusir nyamuk berbasis kimia atau sintetis bisa berbahaya bagi sebagian orang. Untuk mengusir nyamuk secara alami, tanpa menggunakan semprotan, Anda dapat menggunakan tanaman obat seperti serai, lemon balm, marigold, kemangi, lavender, dan rosemary. (Lala Wahyuningsih)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro