Penyakit asma/Istimewa
Health

Kenali Gejala Asma Saat Cuaca Dingin dan Musim Hujan

Redaksi
Jumat, 1 Desember 2023 - 12:01
Bagikan

Bagaimana Cara Menghindari Cuaca Dingin Pemicu Asma ? 

Setelah mengetahui cuaca yang memperburuk asma, cobalah tips berikut untuk melindungi diri dari asma memuncak saat cuaca dingin : 

  1. Perhatikan perkiraan jumlah serbuk sari dan jamur ditambah kondisi lain (dingin atau panas ekstrem) yang mungkin memengaruhi asma.
  2. Batasi aktivitas luar ruangan pada hari-hari puncak pemicunya. Jika udara dingin adalah pemicunya, pertimbangkan untuk menutup mulut dan hidungnya dengan masker saat cuaca sangat dingin.
  3. Tutup jendela pada malam hari untuk mencegah masuknya serbuk sari dan jamur. Jika panas, gunakan AC yang membersihkan, mendinginkan dan mengeringkan udara. Tetap berada di dalam rumah dengan jendela tertutup dan AC menyala sesering mungkin.
  4. Jaga tubuh tetap hangat bagi penderita asma. Ingatlah, cuaca dingin bukanlah waktu yang tepat untuk beraktivitas diluar rumah. Menjaga diri tetap hangat membantu mengurangi risiko serangan asma. Selama bulan-bulan musim dingin, kenakan mantel hangat, syal, topi dan sarung tangan.
  5. Hindari pernapasan mulut jika Anda menderita asma. penting bagi Anda untuk bernapas melalui hidung saat suhu di luar dingin. Bernapas melalui mulut saat cuaca dingin memungkinkan udara dingin masuk ke paru-paru, yang dapat memicu serangan asma.
  6. Minumlah banyak air, sup berbahan dasar kaldu dan teh tanpa kafein untuk menjaga diri Anda tetap terhidrasi.
  7. Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air untuk mencegah penyakit pernafasan seperti pilek dan flu. (Maria Elfika Simplisia)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro