Ilustrasi makanan pedas/realfood.tesco.co
Health

Khasiat Konsumsi Makanan Pedas untuk Kesehatan

Redaksi
Senin, 4 Desember 2023 - 15:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Makanan pedas kerap menjadi makanan yang digemari banyak orang, terutama masyarakat Indonesia karena cita rasanya yang menggugah selera.

Semakin maraknya makanan yang disajikan dengan cita rasa pedas, bahkan sampai yang super pedas, menunjukkan betapa gemarnya masyarakat Indonesia dengan jenis makanan pedas.

Cabai kerap digunakan sebagai bumbu untuk makanan pedas. Cabai mengandung senyawa yang disebut capsaicin, yang menyebabkan sensasi terbakar yang Anda rasakan setelah memakannya. Tetapi capsaicin juga dapat membantu meringankan rasa sakit dengan menghabiskan pasokan tubuh Zat P, neurotransmiter yang mengirimkan sinyal rasa sakit ke otak.

Meskipun mengonsumsinya dapat menimbulkan gangguan pencernaan, namun ternyata makan makanan pedas bisa mendatangkan manfaat untuk kesehatan.

Melansir dari Piedmont, Haley Robinson, ahli diet klinis di Rumah Sakit Pinemont Atlanta, berbagi enam cara capsaicin yang terdapat pada cabai dapat meningkatkan kesehatan.

1. Penurunan berat badan

Makanan pedas telah terbukti membantu menurunkan berat badan.

“Capsaicin membantu meningkatkan suhu inti Anda, meningkatkan metabolisme dan membantu membakar kalori lebih cepat," ujar Robinson

Sebuah studi baru juga menunjukkan bahwa orang mengkonsumsi sekitar 75 kalori lebih sedikit setelah makan makanan dengan cabai merah dibandingkan dengan makan makanan hambar.

2. Mengurangi depresi

Capsaicin telah terbukti bekerja sebagai endorfin. Tubuh memproduksi endorfin, seperti serotonin, sebagai respons terhadap panas, yang disalahkan sebagai rasa sakit. Hal Ini membuat Anda merasa lebih baik dan dapat mengurangi risiko depresi atau stres.

3. Pencegahan kanker

Capsaicin bekerja sebagai antioksidan, melindungi sel dari molekul berbahaya yang disebut radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

4. Mengurangi penyakit jantung

Cabai mengurangi efek merusak dari low-density lipoprotein (LDL), yang merupakan kolesterol jahat dan Capsaicin dapat membantu melawan peradangan, yang telah terbukti sebagai faktor risiko untuk masalah jantung.

"Vitamin A dan C yang ditemukan di tanaman cabai dapat membantu memperkuat dinding otot jantung, dan panasnya paprika meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh Anda," kata Robinson.

5. Meningkatkan cairan pencernaan

Capsaicin dapat meningkatkan cairan pencernaan di perut. Peningkatan cairan pencernaan dapat membantu mempercepat proses pencernaan dan meredakan diare.

6. Membantu nyeri rematik atau neuropatik.

Krim topikal dengan capsaicin bekerja sebagai analgesik dan dapat digunakan untuk membantu nyeri rematik atau neuropatik. (Lala Wahyuningsih)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro