Pedagang cabai rawit./Bloomberg-Dimas Ardian
Health

Makanan Pedas Bisa Kurangi Lemak Perut, Ini Alasannya

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 2 Februari 2023 - 10:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Lemak visceral adalah lemak yang tersimpan di dalam perut.

Lemak ini dibutuhkan untuk membantu melindungi dan melindungi organ vital, namun, kelebihan lemak ini bisa memicu kondisi serius seperti diabetes, penyakit jantung, dan bahkan kanker.

Penyebab utama memiliki terlalu banyak lemak visceral adalah pola makan.

Banyak orang berupaya menghilangkan lemak perut ini dengan diet atau olahraga. Tapi ternyata ada satu bahan yang ditemukan dalam makanan tertentu yang bisa membantu mengurangi lemak perut.

Itu adalah makanan pedas. Kenapa? karena makanan pedas yang mengandung cabai juga mengandung capsaicin, yang telah terbukti membantu menurunkan berat badan, serta memiliki manfaat kesehatan lainnya.

Tetapi jika Anda tidak suka makan cabai, capsaicin juga bisa ditemukan dalam saus pedas.

“Para peneliti telah menemukan bahwa capsaicin memiliki sejumlah atribut positif yang berhubungan dengan kesehatan, termasuk mengurangi nyeri neuropatik yang dapat disebabkan oleh berbagai kondisi kesehatan, dan membantu mengatur berat badan dan penurunan berat badan," tulis penelitian tersebut dilansir dari Express.

Kenapa capsaicin bisa menurunkan berat badan?

Berbagai penelitian menemukan bahwa mengonsumsi capsaicin dapat membantu menurunkan berat badan.

Salah satu penelitian tersebut, diterbitkan dalam Bioscience Reports pada tahun 2017, mempertimbangkan efek anti-obesitas capsaicin dengan menganalisis uji coba yang ada, serta bagaimana senyawa tersebut bekerja di dalam tubuh.

Lebih penting lagi, tidak ada efek samping capsaicin yang diamati di sebagian besar penelitian. Dengan demikian, cabai dan capsaicin aman dan mudah diaplikasikan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Selanjutnya, mungkin ada potensi capsaicinoid untuk digunakan sebagai alat bantu penurunan berat badan alami jangka panjang.

Dilansir dari Webmd, sebuah studi telah menemukan bahwa capsaicin dapat meningkatkan metabolisme Anda, yang meningkatkan laju Anda menggunakan energi dan membakar simpanan lemak. Ini juga dapat menurunkan nafsu makan, yang dapat membantu Anda makan lebih sedikit dari biasanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro