Jahe/Istimewa
Health

8 Manfaat Jahe untuk Rambut dan Tips Menumbuhkan Rambut Rontok

Redaksi
Rabu, 6 Desember 2023 - 15:55
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG – Jahe merupakan salah satu tumbuhan yang sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Selain bermanfaat untuk obat tradisional, jahe juga memiliki manfaat untuk rambut dan kulit kepala.

Jahe mengandung gingerol, yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi kulit kepala dan mendukung pengiriman nutrisi ke folikel rambut.

Jahe juga memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala dengan mencegah ketombe dan masalah kulit kepala lainnya yang dapat menghambat pertumbuhan rambut.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut adalah beberapa manfaat jahe untuk rambut:

1. Mencegah kerontokan rambut

Jahe dapat meningkatkan sirkulasi kulit kepala sekaligus menstimulasi setiap folikel rambut, sehingga dapat membuat rambut lebih subur dan lebih kuat.

Kandungan vitamin, mineral, dan asam lemaknya membantu memperkuat helai rambut, mencegah kerontokan dan memperbaiki kelembapan rambut.

2. Mengatasi ketombe

Jahe memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala dengan mencegah ketombe dan masalah kulit kepala lainnya.

3. Melembutkan rambut

Minyak dari akar jahe segar berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu melindungi folikel rambut dari kerusakan.

4. Mencegah rambut bercabang

Jika Anda memiliki rambut bercabang atau rambut patah, cobalah menyemprotkan jahe segar yang sudah digiling dengan air sebelum keramas untuk membantu melembutkan rambut yang kusut.

Tips menumbuhkan rambut yang rontok

Beberapa faktor risiko kerontokan rambut seperti gen memang tidak dapat dikendalikan. Namun, beberapa perubahan gaya hidup dapat membantu melindungi rambut dari kerontokan.

Dilansir dari laman Health, berikut adalah beberapa tips untuk mengurangi dan menumbuhkan rambut rontok.

1. Mengurangi stres

Telogen effluvium adalah kerontokan rambut yang sering terjadi karena stres emosional dan fisik. Kondisi ini biasanya dapat sembuh dalam waktu enam hingga delapan bulan tetapi dapat kembali.

Belajar mengelola stres emosional dapat membantu mengurangi jenis kerontokan dan penipisan rambut ini.

2. Merubah pola makan

Rambut rontok bisa disebabkan oleh kurangnya nutrisi dalam tubuh. Sebagai contoh, rambut rontok adalah gejala anemia defisiensi zat besi yang umum. Kondisi ini dapat disebabkan oleh kurangnya zat besi dalam tubuh.

Untuk mengatasinya, cobalah untuk mengonsumsi makanan kaya zat besi seperti jeruk, kentang, stroberi, dan tomat.

3. Hindari mewarnai rambut

Mewarnai rambut terlalu sering dapat merusak dan dapat memperburuk kerontokan rambut. Selain itu, bleaching rambut akan membuat rambut lebih sensitif terhadap sinar matahari dan menyebabkan rambut rapuh, kering, dan patah.

4. Hindari penataan rambut dengan panas berlebihan

Seperti halnya pemutih dan pewarna, panas dapat merusak rambut yang sudah rapuh dan dapat memperburuk kerontokan.

Hindari mengeringkan rambut dengan pengering rambut. Sebaliknya, biarkan rambut mengering secara alami atau bungkus rambut dengan handuk mikrofiber untuk menyerap air. (Kresensia Kinanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro