7 Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya - Shutterstock
Health

Ini 7 Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Nuraini
Rabu, 11 Januari 2023 - 21:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jahe merah merupakan salah satu rempah-rempah yang sering digunakan sebagai obat tradisional. Manfaat jahe merah diketahui bisa menyembuhkan beragam penyakit.

Manfaat tersebut ditunjang oleh senyawa aktif yang terkandung dalam rempah tersebut. Dilansir dari situs Siloam Hospitals, jahe merah diketahui mengandung minyak atsiri dan senyawa aktif seperti shogaol, gingerol, dan paradols.

Selain itu, jahe merah juga bersifat antiradang, antijamur, dan antikanker. Kandungan itulah yang membuat jahe merah mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan.

Lalu, apa saja manfaat jahe merah dan efek sampingnya? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, jahe merah mengandung senyawa aktif yang berguna untuk kesehatan. Menurut penjelasan di situs Siloam Hospitals, berikut ini ragam manfaat minum jahe merah untuk kesehatan.

1. Menguatkan daya tahan tubuh

Jahe merah diketahui bisa mencegah infeksi virus dan bakteri. Inilah yang membuat jahe berkhasiat untuk meningkatkan imun tubuh. Dengan demikian, tubuh tidak mudah sakit.

2. Menurunkan gula darah dan kolesterol jahat

Manfaat jahe merah untuk pria dan wanita berikutnya yaitu bisa menurunkan gula darah dan kolesterol jahat. Dengan mengkonsumsi jahe merah secara rutin, diketahui kadar glukosa dalam darah bisa menurun secara signifikan.

Kandungan dalam jahe merah juga bisa menurunkan kolesterol jahat sekaligus bisa meningkatkan kadar lemak baik. Sebuah riset menyebutkan bahwa konsumsi jahe merah sekitar 5 gram/hari selama minimal 4 hari, bisa menurunkan kolesterol jahat.

3. Mengurangi kontraksi lambung

Manfaat jahe merah untuk lambung sudah diketahui sejak dahulu. Kandungan antioksidan dalam jahe merah diketahui bisa mengurangi kontraksi pada lambung sekaligus meredakan iritasi saluran pencernaan. Inilah yang membuat jahe bisa meminimalisir asam lambung naik dari perut ke kerongkongan.

4. Mengurangi rasa nyeri saat menstruasi

Salah satu manfaat jahe merah untuk wanita yaitu mengatasi nyeri menstruasi. Bahkan, manfaat ini diketahui setara dengan obat pereda rasa nyeri seperti paracetamol.

Akan tetapi, efek ini mungkin akan berbeda-beda di setiap orang. Bagi Anda yang merasa nyeri saat menstruasi, tak ada salahnya minum teh jahe merah 2 cangkir/hari selama 3 hari.

5. Meredakan batuk

Jahe merah juga diketahui bisa meredakan batuk pada orang dewasa maupun anak-anak. Manfaat jahe merah untuk batuk ini ditunjang oleh kandungan minyak atsiri yang terdapat didalamnya.

6. Mengurangi mual

Manfaat jahe merah untuk wanita lainnya yaitu bisa mengurangi rasa mual saat morning sickness. Manfaat ini bisa didapatkan dengan cara minum teh atau suplemen jahe merah. Akan tetapi, sebelum mengkonsumsi jahe merah sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan.

7. Mengobati asam urat

Asam urat merupakan gangguan kesehatan yang menyebabkan nyeri sendi. Jahe merah diketahui bisa mengurangi radang pada sendi dan menghilangkan asam urat.

Efek Konsumsi Samping Jahe Merah Berlebihan

Selain berguna untuk menjaga kesehatan tubuh, jahe merah juga bisa memberikan efek samping yang kurang baik apabila dikonsumsi berlebihan. Berikut ini sejumlah efek samping jahe merah yang perlu diwaspadai.

  • Bisa menyebabkan iritasi pada rongga mulut.
  • Bisa mengganggu kerja obat pengencer dara dan obat darah tinggi.
  • Dapat menyebabkan alergi.

Itulah beberapa manfaat jahe merah untuk kesehatan tubuh. Meskipun memiliki banyak manfaat, konsumsi jahe merah jangan berlebihan agar tidak menimbulkan efek samping yang mengganggu kesehatan tubuh. Selain itu, jika Anda memiliki riwayat penyakit tertentu, sebaiknya konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi jahe merah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro