Jahe/boldsky.com
Health

9 Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Redaksi
Minggu, 3 September 2023 - 10:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Jahe adalah salah satu tanaman obat tradisional yang cukup populer dibanding tanaman herbal lainnya.

Jahe berasal dari tanaman berbunga yang berasal dari Asia Tenggara. Memiliki nama latin Zingiber officinale, tanaman herbal ini termasuk dalam keluarga Zingiberaceae, dan masih satu famili dengan kunyit, kapulaga, dan lengkuas.

Karena mengandung nutrisi baik, seperti serat, protein, kalori, dan berbagai jenis vitamin, tanaman herbal ini bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut adalah 9 manfaat mengonsumsi jahe setiap hari untuk kesehatan.

1. Meningkatkan pencernaan

Jahe dipercaya dapat meningkatkan pergerakan makanan melalui saluran pencernaan, yang dapat membantu meringankan gangguan pencernaan, mengurangi rasa tidak nyaman dan kembung.

2. Anti-inflamasi

Jahe mengandung gingerol, senyawa antiinflamasi yang dapat mengurangi peradangan dan gejala osteoartritis.

3. Meredakan mual

Karena kandungan antioksidan dan nutrisi lainnya, jahe dikenal sebagai obat rumahan untuk mengatasi mabuk perjalanan, mual di pagi hari saat hamil, dan mual setelah operasi atau kemoterapi.

4. Menurunkan gula darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat menurunkan kadar gula darah, sehingga bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2. Namun, konsumsilah dalam jumlah sedang.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Jahe dapat mengurangi faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi, karena kemampuannya untuk meningkatkan kontraksi otot-otot jantung.

6. Mengurangi rasa nyeri

Jahe memiliki sifat analgesik yang dapat membantu meringankan nyeri haid dan nyeri otot.

7. Meningkatkan kekebalan tubuh

Sifat antioksidan dan anti-inflamasinya yang terkandung pada jahe dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga berpotensi mengurangi risiko infeksi.

8. Menurunkan berat badan

Kemampuan jahe untuk meningkatkan pembakaran kalori dan mengurangi nafsu makan dapat membantu menjaga berat badan. Untuk menurunkan berat badan, mulailah mengonsumsi teh jahe setiap pagi.

9. Mencegah kanker

Meskipun masih memerlukan penelitian lebih lanjut, jahe dipercaya mampu untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. (Kresensia Kinanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro