Manfaat minum air putih/Mens Health
Health

11 Minuman Sehat Penambah Imun Tubuh, Mencegah Penyakit

Redaksi
Senin, 11 Desember 2023 - 18:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Cuaca yang tak menentu membuat daya tahan tubuh menjadi sulit untuk terjaga. beragam cara untuk melindungi tubuh agar tidak mudah sakit, salah satunya dengan mengonsumsi makanan dan minuman penambah imun tubuh. 

Sistem daya tahan tubuh membantu melindungi kita dari serangan bakteri, virus hingga racun. Makanan dan minuman yang masuk kedalam tubuh merupakan hal penting yang dapat membunuh virus penyebab penyakit.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini merupakan beberapa minuman yang berfungsi untuk menambah imun tubuh agar terhindar dari paparan penyakit.

1. Air Putih

Air putih memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh, seperti menjaga tubuh agar tetap berfungsi dengan baik, manfaat lainnya adalah menjaga suhu tubuh, menyalurkan nutrisi pada seluruh tubuh, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika fungsi tubuh sudah berjalan dengan baik, maka tubuh pun tidak mudah untuk terserang penyakit.

2. Jus Jeruk

Buah jeruk sangat bermanfaat untuk membangun sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Vitamin C yang ada pada jus jeruk dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang berfungsi melawan virus dan bakteri yang masuk kedalam tubuh.

3. Air Kelapa

Air kelapa mengandung banyak nutrisi. Satu buah air kelapa berisi lebih dari 90 persen air, sedikit kalori, karbohidrat, serat, dan protein.

Selain itu, air kelapa juga mengandung vitamin C sebesar 10 persen dari kebutuhan harian, magnesium, mangan, potassium, sodium, dan kalsium. 

4. Jus tomat

Jus tomat segar mengandung folat, yang mengurangi risiko infeksi. Ia juga memiliki berbagai macam vitamin, mineral, dan antioksidan kuat yang berperan untuk menangkal radikal bebas dalam proses metabolisme. 

5. Teh Hijau

Teh hijau juga mengandung antioksidan yang berperan sebagai antiinflamasi. Hingga dipercaya efektif digunakan untuk melindungi sel dari penyakit kronis. Dengan begitu, kesehatan tubuh akan meningkat secara keseluruhan.

Kandungan antioksidan pada teh hijau juga bisa dimanfaatkan sebagai antibakteri, antijamur, dan antivirus sehingga sistem imun tubuh bisa meningkat.

6. Teh Jahe Lemon

Jahe dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan lemon dapat membantu meredakan peradangan. Lemon dan jahe sama-sama mengandung  antioksidan dan vitamin yang baik untuk sistem kekebalan tubuh jika dikonsumsi 1 cangkir setiap harinya.

7. Jus Sayuran Hijau

Jus hijau kaya akan vitamin, mineral, dan serat, yang dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh. Contohnya adalah dengan mencampurkan apel hijau, selada, dan kangkung sebagai jus yang memiliki fungsi sebagai penambah kekebalan tubuh.

8. Jus labu

Jus labu kaya akan seng, magnesium, dan serat, tiga nutrisi penting yang diperlukan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat dan membantu mengurangi peradangan. 

Cara membuatnya hanya membutuhkan biji labu kuning yang direndam semalaman, saring airnya, dan diberi sedikit garam. Haluskan selama kurang lebih 30 detik, hingga bijinya benar-benar hancur lalu saring dan minum.

9. Jus semangka

Semangka memiliki kandungan air yang tinggi sehingga menjaga tubuh tetap terhidrasi. Ini juga membantu dalam detoksifikasi. Ini mengandung nutrisi sehat seperti vitamin C, vitamin A dan magnesium. Tak hanya itu, juga membantu meredakan nyeri otot yang merupakan gejala umum flu.

10. Jus buah merah

Membut jus dari buah bit, wortel, jahe, dan apel memiliki nutrisi yang akan mengurangi gejala peradangan dan membantu sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, jus campuran buah merah ini juga membantu mengatasi gejala pilek atau flu.

11. Kunyit Asem

Kunyit asem memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh yaitu dapat meningkatkan imunitas. Mengonsumsi kunyit asem membuat daya tahan tubuh meningkat menjadi lebih baik. Kunyit asem ternyata mengandung zat antioksidan, antiperadangan serta antibakteri. Bukan hanya itu, kandungan vitamin C nya juga dapat menjadi pelindung tubuh dari serangan virus dan bakteri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro