Jeruk/boldsky.com
Health

10 Jenis Buah untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh di Musim Hujan

Redaksi
Minggu, 26 November 2023 - 10:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Musim hujan membuat sebagian besar orang rentan sakit. Sebab, kelembapan yang meningkat saat hujan membuat virus hidup lebih lama dan bakteri cepat menyebar.

Oleh karena itu, hal ini juga menimbulkan peningkatan risiko infeksi dan melemahnya sistem kekebalan tubuh.

Untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat dan tetap sehat selama musim hujan, mengonsumsi buah-buahan yang meningkatkan kekebalan tubuh sangatlah penting.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut beberapa pilihan buah yang dapat memperkuat imun tubuh dan menjaga kesehatan selama musim hujan.

1. Jeruk

Buah- buahan seperti jeruk, lemon, dan jeruk bali sangat baik dikonsumsi selama musim hujan karena kaya akan vitamin C.

Vitamin C dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan merangsang produksi sel darah putih yang bertanggung jawab melawan infeksi.

2. Delima

Buah delima merupakan pembangkit tenaga antioksidan yang membantu melindungi sel Anda dari kerusakan akibat radikal bebas.

Delima juga kaya akan vitamin C dan mengandung senyawa yang meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

3. Apel

Apel kaya akan nutrisi penting bagi tubuh, antara lain vitamin C, antioksidan, dan serat yang membantu meningkatkan kekebalan dan mengatur kadar gula darah.

4. Pepaya

Pepaya adalah buah serbaguna yang menawarkan beragam manfaat kesehatan. Kaya akan vitamin C, vitamin A, dan enzim yang membantu pencernaan.

Mengonsumsi pepaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, pepaya mengandung enzim alami yang disebut papain, yang memiliki sifat anti-inflamasi.

5. Semangka

Semangka merupakan buah yang menghidrasi dan menyegarkan yang banyak tersedia selama musim hujan.

Semangka dengan vitamin, mineral, dan antioksidan penting, termasuk vitamin C dan likopen dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu mengurangi risiko penyakit tertentu.

6. Jambu biji

Jambu biji merupakan buah tropis yang terkenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi, Vitamin A, serat, dan antioksidan.

Jambu biji dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mendukung kesehatan secara keseluruhan.

7. Anggur

Anggur merah atau hijau kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi terhadap berbagai infeksi.

Selain itu, Anggur juga mengandung resveratrol, senyawa yang dikenal dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

8. Pir

Pir kaya akan vitamin C, mengonsumsi pir penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh. 1 buah pir mengandung hampir 12% dari kebutuhan nutrisi vitamin C harian Anda, menjadikannya salah satu buah yang baik dikonsumsi di musim hujan.

9. Ceri

Ceri adalah buah musiman yang kaya akan antioksidan sehingga baik dikonsumsi saat musim hujan untuk kekebalan tubuh. Selain itu, ceri dapat membantu dalam melawan infeksi dan mengurangi peradangan.

10. Lengkeng

Lengkeng merupakan buah yang kaya serat sehingga bermanfaat melawan keasaman dan gangguan pencernaan. Vitamin C dalam lengkeng dapat membantu mencegah flu ringan. Buah ini juga bermanfaat mengatasi masalah kulit musim hujan seperti jerawat dan flek. (Lala Wahyuningsih)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro